• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT(Teams Games Tournament) dengan Pendekatan Konstruktivisme Pokok Bahasan Segiempat Kelas VII SMP Negeri 3 Bondowoso Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    29a_1.pdf (467.6Kb)
    Date
    2014-01-16
    Author
    Hardini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika merupakan dasar dari ilmu pengetahuan dan teknologi, oleh karena itu matematika perlu dikuasai oleh segenap Warga Negara Indonesia, baik penerapannya maupun pola pikirnya. Pelaksanaan pembelajaran matematika oleh guru pada umumnya cenderung mendominasi sehingga siswa hanya menerima materi pelajaran secara pasif. Pengetahuan khususnya matematika, tidak dapat dipindahkan secara langsung dari pikiran guru ke pikiran siswa. Pembelajaran yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi aktif salah satunya adalah pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme yang didasarkan pada suatu anggapan bahwa anak membangun sendiri pengetahuan diluar dirinya yang berdasarkan pada pengalaman belajar sebelumnya sehingga siswa lebih aktif, kreatif, dan produktif dalam proses pembelajaran. Hal ini bertujuan agar siswa lebih memahami konsep materi matematika dengan cara menemukan sendiri konsep tersebut. Penelitian yang dilakukan pada tanggal 25 Pebruari 2010 sampai dengan 16 Maret 2010 ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan pendekatan konstruktivisme. Penentuan tempat penelitian adalah dengan purposive sampling area atau sesuai dengan keinginan yaitu SMP Negeri 3 Bondowoso. Responden penelitian ditentukan dengan teknik populasi, yaitu siswa kelas VIIF (dengan materi segiempat semester genap 2009/2010). Data vii yang dipakai menggunakan metode dokumentasi, untuk menyempurnakan hasil dan pembahasan menggunakan metode wawancara, dan metode tes untuk analisis data. Hasil analisis yang pertama, yaitu untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar pada siklus pertama dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan pendekatan konstruktivisme yang mengatakaan bahwa, pada pembelajaran siklus pertama terdapat 10 siswa yang mendapatkan nilai kurang dari 75, sedangakan pada analisis yang kedua yaitu untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siklus kedua dengan perbaikan dari siklus pertama mengatakan bahwa, pada pembelajaran siklus kedua terdapat 3 siswa yang mendapatkan nilai kurang dari 75. . Adapun hasil wawancara antara dua orang siswa yang diambil secara acak dan guru matematika menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan pendekatan konstruktivisme lebih menyenangkan dibandingkan dengan pembelajaran dengan ceramah dan pemberian tugas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15359
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository