ENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE INKUIRI DI KELAS IV SDN BAGON 04 PUGER KABUPATEN JEMBER
Abstract
Pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran dapat menciptakan kondisi
yang memudahkan siswa untuk belajar dan mengarahkan siswa untuk melakukan
aktifitas belajar. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dapat membantu
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa selama proses belajar mengajar.
Guru diharapkan mampu memilih metode pembelajaran yang tepat dalam proses
belajar mengajar.
Metode inkuiri merupakan metode yang mampu menggiring peserta didik
untuk menyadari apa yang telah didapatkan selama belajar. Inkuiri menempatkan
peserta didik sebagai subyek belajar yang aktif. Metode inkuiri tumbuh dari suatu
tradisi pendidikan yang menekankan berfikir dan latihan bertindak demokratis,
pembelajaran aktif, perilaku kreatif, dan inovatif yang selalu berusaha menemukan
hal-hal baru.
Penentuan subjek penelitian menggunakan metode populasi, yaitu pada kelas
IV SDN Bagon 04 Puger dengan berdasarkan atas permasalahan, yaitu motivasi
dan hasil belajar siswa rendah. Metode pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua
siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat fase, yaitu: perencanaan, tindakan,
observasi dan refleksi. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan
analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada kelas IV
SDN Bagon 04 Puger meningkat dari rendah menjadi tinggi. Sebelum diterapkan
metode inkuiri, motivasi belajar siswa rendah dengan skor rata-rata 61.8, dan hasil
belajar hanya mencapai 62.4 yang menunjukkan kurang dari SKM yang telah
ditentukan. Setelah diterapkan metode inkuiri, motivasi belajar siswa meningkat
menjadi cukup dengan skor rata-rata 72.7 dan hasil belajar siswa mendapat ratarata
69.2 pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi tinggi dengan
skor rata-rata motivasi belajar siswa adalah 80.5 dan hasil belajar siswa mendapat
rata-rata 80.2, Berdasarkan hasil tersebut, dengan diterapkannya metode inkuiri
dapat memperbaiki proses pembelajaran, yaitu meningkatkan motivasi dan hasil
belajar siswa.