• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE INKUIRI DI KELAS IV SDN BAGON 04 PUGER KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (6)xx_1.pdf (407.8Kb)
    Date
    2014-01-16
    Author
    Rike Irmawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran dapat menciptakan kondisi yang memudahkan siswa untuk belajar dan mengarahkan siswa untuk melakukan aktifitas belajar. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dapat membantu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa selama proses belajar mengajar. Guru diharapkan mampu memilih metode pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar. Metode inkuiri merupakan metode yang mampu menggiring peserta didik untuk menyadari apa yang telah didapatkan selama belajar. Inkuiri menempatkan peserta didik sebagai subyek belajar yang aktif. Metode inkuiri tumbuh dari suatu tradisi pendidikan yang menekankan berfikir dan latihan bertindak demokratis, pembelajaran aktif, perilaku kreatif, dan inovatif yang selalu berusaha menemukan hal-hal baru. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode populasi, yaitu pada kelas IV SDN Bagon 04 Puger dengan berdasarkan atas permasalahan, yaitu motivasi dan hasil belajar siswa rendah. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat fase, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada kelas IV SDN Bagon 04 Puger meningkat dari rendah menjadi tinggi. Sebelum diterapkan metode inkuiri, motivasi belajar siswa rendah dengan skor rata-rata 61.8, dan hasil belajar hanya mencapai 62.4 yang menunjukkan kurang dari SKM yang telah ditentukan. Setelah diterapkan metode inkuiri, motivasi belajar siswa meningkat menjadi cukup dengan skor rata-rata 72.7 dan hasil belajar siswa mendapat ratarata 69.2 pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi tinggi dengan skor rata-rata motivasi belajar siswa adalah 80.5 dan hasil belajar siswa mendapat rata-rata 80.2, Berdasarkan hasil tersebut, dengan diterapkannya metode inkuiri dapat memperbaiki proses pembelajaran, yaitu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15229
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository