Show simple item record

dc.contributor.authorRIKA YUNI LISTIANINGRUM
dc.date.accessioned2014-01-16T05:22:00Z
dc.date.available2014-01-16T05:22:00Z
dc.date.issued2014-01-16
dc.identifier.nimNIM060210391002
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15209
dc.description.abstractPembelajaran merupakan suatu kegiatan yang menggunakan beberapa seni dan strategi tertentu untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Dimana di dalamnya memerlukan beberapa metode dan teknik yang tepat untuk mendukung suatu pembelajaran yang efektif dan efisien disini peranan seorang guru dalam pembelajaran sangatlah menentukan tingkat keberhasilan yang akan dicapai. Pelaksanaan penelitian ini dirancang dengan beberapa kegiatan yang perlu dilaksanakan dan hal yang perlu dihindari oleh guru dan siswa. Penelitian ini dilaksanaan dengan dua siklus dan dalam siklus I dilaksanakan dua pertemuan yang kegiatannya mengobservasi siswa dan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang menggunakan metode tanya jawab. Adapun kegiatan yang dilakukan peneliti dalam pelaksanaan pengambilan data observasi dibantu oleh empat observer yang juga mengamati dan menilai berlangsungnya pembelajaran. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui penerapan metode tanya jawab yang dilaksanakan di kelas X.4 dalam pembelajaran ekonomi pada pokok bahasan memahami uang dan perbankan, disamping itu penelitian ini juga bertujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Selain itu peneliti dan guru juga menargetkan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan cara dilihat ketuntasan belajar siswa dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan pada saat pelaksanaan observasi prasiklus dan akhir pelaksanaan siklus I dan siklus II. Keberhasilan evaluasi yang dilaksanakan dengan menggunakan metode tanya jawab dapat memberikan efek positif terhadap gaya mengajar guru dan keaktifan siswa.Pelaksanaan siklus I masih menunjukkan tergolong rendah, hal ini diketahui dari beberapa aspek memperhatikan dan menjelaskan penurunan dari 58.9 menurun menjadi 53.8 atau menurun sebesar 8.65% (kriteria rendah), aspek bertanya mengalami peningkatan dari 60.6 meningkat menjadi 69.2 atau meningkat 14.1% (kriteria keaktifan sedang), aspek keaktifan 54.7 meningkat menjadi 56.4 atau meningkat sebesar 3.10% (kriteria rendah), dan aspek membuat ringkasan tidak mengalami peningkatan atau tetap. Berdasarkan hasil ini dapat diartikan bahwa tujuan penelitian yang ingin meningkatkan aktivitas belajar siswa masih belum tercapai maka peneliti dan guru bermaksud untuk melanjutkan ke siklus II. Pelaksanaan siklus II mengutamakan perbaikan-perbaikan terhadap semua kekurangan dan kelemahan yang ada dalam siklus I. Hasil observasi yang berasal dari obervasi pelaksanaan siklus II menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dilihat dari beberapa indikator aktivitas belajar siswa yang diobservasi sudah mengalami peningkatan yang cukup besar sehingga peneliti dan guru sudah menganggap bahwa penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan belajar siswa sudah tercapai. Disamping itu skor yang diperoleh guru sudah mendapatkan skor yang maksimal yakni sudah melaksanakan keterampilan yang ada. Kebaikan dalam penelitian ini adalah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari kriteria keaktifan yang rendah menjadi kriteria keaktifan yang tinggi. Hal ini karena cara mengajar dalam proses pembelajaran yang diberikan guru kepada siswa lebih baik dan ditekankan pada siswa yang kurang aktif jadi keaktifan secara klasikal dapat tercapai.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210391002;
dc.subjectMETODE TANYA JAWAB, AKTIVITAS BELAJAR SISWAen_US
dc.titleENERAPAN METODE TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Memahami Uang dan Pe rbankan Kelas X.4 SMA Negeri Umbulsari Tahun Ajaran 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record