PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK SPEEDY PADA PERUSAHAAN JASA PT. TELKOM KANDATEL JEMBER
Abstract
Kualitas memberikan dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan hubungan
yang kuat dengan perusahaan sehingga perlu diperhatikan untuk memenangkan
persaingan dalam bisnis internet. Tujuan penelitian ini antara lain untuk
mengetahui keluhan pelanggan Speedy, untuk mendeteksi apakah keluhan
pelanggan Speedy tersebut masih dalam batas tolerans atau tidak dan untuk
menganalisis faktor- faktor apa saja yang menimbulkan keluhan pelanggan produk
Speedy pada perusahaan jasa PT. Telkom Kandatel Jember. Populasi penelitian
adalah seluruh pelanggan pengguna layanan PT. Telkom Kandatel Jember. Tehnik
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis data
menggunakan deskripsi penilaian responden, peta kendali C dan diagram tulang
ikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data keluhan menunjukkan
bahwa pelanggan Speedy memiliki keluhan bahwa harga Speedy mahal dan
kecepatan akses lambat. Keluhan pelanggan Speedy berdasarkan peta kendali c
menunjukkan bahwa keluhan pelanggan masih dalam batas kendali dan
faktor- faktor penyebab adanya keluhan harga dan kecepatan tidak hanya berasal
dari internal perusahaan namun juga berasal dari faktor eksternal/pelanggan
meliputi empat faktor yaitu mesin, manusia, metode dan material.