EKSISTENSI PERAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH MELALUI KURSUS KOMPUTER DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN GAJAH MADA JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Pendidikan luar sekolah muncul karena adanya ketidak seimbangan anatara
Pendidikan di Sekolah dengan kenyataan saat ini. Pendidikan Luar Sekolah
memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satu kegiatan Pendidikan Luar
Sekolah yang banyak diminati masyarakat adalah kursus atau pelatihan. Lembaga-
lembaga kursus di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir tumbuh sangat pesat
namun masih banyak pula lembaga kursus yang berjalan terseok-seok. Hal ini
berdampak pada keberlangsungan lembaga kursus yang hanya bertahan beberapa
tahun, akan tetapi kondisi tersebut tidak berlaku pada salah satu lembaga Kursus di
Kabupaten Jember yaitu Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah Mada yang mampu
bertahan dari Tahun 1980 sampai 2011. Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah Mada
ini telah banyak menghasilkan lulusan yang mempunyai bekal berupa keterampilan
mengoperasikan komputer yang dapat mereka manfaatkan di dunia kerja. Kelebihan
kursus inilah yang menjadi tujuan bagi peneliti untuk mengetahui ada tidaknya
Eksistensi Peran Pendidikan Luar Sekolah melalui kursus komputer di Lembaga
Kursus dan Pelatihan Gajah Mada Tahun Pelajaran 2010/2011.
Daerah penelitian yang digunakan adalah di Lembaga Kursus dan Pelatihan
Gajah Mada Jl. Gajah Mada No 1 Jember Propinsi Jawa Timur berdasarkan metode
purposive. Informan kunci adalah 10 peserta kursus komputer di Lembaga Kursus
dan Pelatihan Gajah Mada yang telah memenuhi kriteria dengan menggunakan
metode purposive sampling berdasarkan kriteria, sedangkan informan pendukungnya
adalah penyelenggara dan tutor. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dan jenis penelitiannya adalah penelitian non eksperimental. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan melalui tiga alur yaitu reduksi data, mengkaji data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah ada eksistensi peran pendidikan luar
sekolah pada 10 peserta kursus komputer di Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah
Mada Jember. Peran pendidikan luar sekolah meliputi peran pendidikan luar sekolah
sebagai penambah (suplemen), pendidikan luar sekolah sebagai pelengkap
(komplemen) dan peran pendidikan luar sekolah sebagai pengganti (subtitusi). Akan
tetapi peneliti membatasi penelitiannya yaitu peran pendidikan luar sekolah sebagai
penambah (suplemen), dan pendidikan luar sekolah sebagai pelengkap (komplemen).
Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada eksistensi peran pendidikan luar sekolah di
dalam kursus komputer di Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah Mada Jember Tahun
Pelajaran 2010/1011. Saran yang dapat diberikan kepada peserta kursus hendaknya
lebih mengefektifkan waktu proses pembelajaran agar mendapatkan pengetahuan dan
keterampilan yang sangat baik dan dapat digunakan dalam hal pekerjaan. Kepada
Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah Mada, hendaknya lebih giat lagi untuk
mempromosikan program-program kursus yang ada dan menambah program kursus
sesuai tuntutan zaman agar para masyarakat dapat mengetahui keunggulan yang
dimiliki lembaga kursus dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas. Kepada tutor
Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah Mada agar dapat mencari strategi pembelajaran
yang inovatif agar peserta kursus mampu untuk aktif bertanya pada proses
pembelajaran. Kepada peneliti lain khususnya Program Pendidikan Luar Sekolah
(PLS) hendaknya dapat menyelenggarakan atau mengembangkan berbagai macam
program pelatihan yang bermanfaat bagi masyarakat luas dan menggali potensi yang
dimiliki.