• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EKSISTENSI PERAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH MELALUI KURSUS KOMPUTER DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN GAJAH MADA JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI_Regita G. Pertiwi_01.pdf (137.0Kb)
    Date
    2013-10-31
    Author
    Regita Gustitira Pertiwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan luar sekolah muncul karena adanya ketidak seimbangan anatara Pendidikan di Sekolah dengan kenyataan saat ini. Pendidikan Luar Sekolah memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satu kegiatan Pendidikan Luar Sekolah yang banyak diminati masyarakat adalah kursus atau pelatihan. Lembaga- lembaga kursus di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir tumbuh sangat pesat namun masih banyak pula lembaga kursus yang berjalan terseok-seok. Hal ini berdampak pada keberlangsungan lembaga kursus yang hanya bertahan beberapa tahun, akan tetapi kondisi tersebut tidak berlaku pada salah satu lembaga Kursus di Kabupaten Jember yaitu Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah Mada yang mampu bertahan dari Tahun 1980 sampai 2011. Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah Mada ini telah banyak menghasilkan lulusan yang mempunyai bekal berupa keterampilan mengoperasikan komputer yang dapat mereka manfaatkan di dunia kerja. Kelebihan kursus inilah yang menjadi tujuan bagi peneliti untuk mengetahui ada tidaknya Eksistensi Peran Pendidikan Luar Sekolah melalui kursus komputer di Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah Mada Tahun Pelajaran 2010/2011. Daerah penelitian yang digunakan adalah di Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah Mada Jl. Gajah Mada No 1 Jember Propinsi Jawa Timur berdasarkan metode purposive. Informan kunci adalah 10 peserta kursus komputer di Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah Mada yang telah memenuhi kriteria dengan menggunakan metode purposive sampling berdasarkan kriteria, sedangkan informan pendukungnya adalah penyelenggara dan tutor. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dan jenis penelitiannya adalah penelitian non eksperimental. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tiga alur yaitu reduksi data, mengkaji data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah ada eksistensi peran pendidikan luar sekolah pada 10 peserta kursus komputer di Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah Mada Jember. Peran pendidikan luar sekolah meliputi peran pendidikan luar sekolah sebagai penambah (suplemen), pendidikan luar sekolah sebagai pelengkap (komplemen) dan peran pendidikan luar sekolah sebagai pengganti (subtitusi). Akan tetapi peneliti membatasi penelitiannya yaitu peran pendidikan luar sekolah sebagai penambah (suplemen), dan pendidikan luar sekolah sebagai pelengkap (komplemen). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada eksistensi peran pendidikan luar sekolah di dalam kursus komputer di Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah Mada Jember Tahun Pelajaran 2010/1011. Saran yang dapat diberikan kepada peserta kursus hendaknya lebih mengefektifkan waktu proses pembelajaran agar mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang sangat baik dan dapat digunakan dalam hal pekerjaan. Kepada Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah Mada, hendaknya lebih giat lagi untuk mempromosikan program-program kursus yang ada dan menambah program kursus sesuai tuntutan zaman agar para masyarakat dapat mengetahui keunggulan yang dimiliki lembaga kursus dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas. Kepada tutor Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah Mada agar dapat mencari strategi pembelajaran yang inovatif agar peserta kursus mampu untuk aktif bertanya pada proses pembelajaran. Kepada peneliti lain khususnya Program Pendidikan Luar Sekolah (PLS) hendaknya dapat menyelenggarakan atau mengembangkan berbagai macam program pelatihan yang bermanfaat bagi masyarakat luas dan menggali potensi yang dimiliki.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1515
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15277]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository