Show simple item record

dc.contributor.authorFitriyah Puji Lastari
dc.date.accessioned2014-01-16T03:32:51Z
dc.date.available2014-01-16T03:32:51Z
dc.date.issued2014-01-16
dc.identifier.nimNIM040210102043
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15045
dc.description.abstractSeorang guru fisika harus menguasai konsep-konsep fisika, disamping itu perlu menguasai model-model pembelajaran yang merupakan sarana untuk menciptakan kondisi belajar siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat mengembangkan cara berfikir siswa. Seorang siswa terlibat secara aktif bila siswa memiliki informasi yang terkait dengan pelajaran yang akan dipelajari Model Pembelajaran Langsung dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains model yang berpusat pada guru yang dirancang khusus untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedural dan deklaratif yang terstruktur dengan baik dan dapat di pelajari selangkah demi selangkah serta cara memproses keterampilan dalam menemukan dan mengembangkan sendiri fakta dan konsep. Adapun Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini yaitu; (1) Adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan model pembelajaran langsung dengan pendekatan keterampilan proses sains dengan pembelajaran konvensional di SMP ?, (2) Bagaimanakah aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung dengan pendekatan keterampilan proses sains dalam pembelajaran fisika di SMP ? Secara umum tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengkaji perbedaan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan pendekatan keterampilan proses sains dengan pembelajaran konvensional di SMP? (2) Untuk mendiskripsikan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung dengan pendekatan keterampilan proses sains ? Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Robatal Sampang, yang menjadi populasi penelitian adalah siswa kelas VII. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling, diperoleh 2 kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelompok siswa yang menerima pembelajaran fisika dengan model Pembelajaran Langsung dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains dan kelas kontrol sebagai kelompok siswa yang menerima pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian menggunakan Random pre-test and post-test design. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. t tabel Dari hasil analisis uji beda hasil belajar diperoleh t ix tes = 4,40, t tabel ) menunjukkan bahwa ada perbedaan ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dengan model Pembelajaran Langsung dengan pendekatan keterampilan proses sains dibanding dengan pembelajaran konvensional di SMP. Dari hasil analisis juga diketahui perbedaan beda mean skor pre-test dan post-test dari kedua kelas yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas eksperimen (VII A) sebesar 30,065 dan kelas kontrol (VII B) sebesar 17,45. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang menggunakan model Pembelajaran Langsung dengan pendekatan keterampilan proses sains lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis aktivitas belajar siswa selama proses belajar mengajar fisika menggunakan model Pembelajaran Langsung dengan pendekatan keterampilan proses sains secara klasikal sebesar 88,88%, yang termasuk pada kategori sangat aktif. Dari hasil wawancara dengan siswa, diketahui lebih tertarik dengan pembelajaran model Pembelajaran Langsung dengan pendekatan keterampilan proses sains daripada pembelajaran model konvensional dan bersifat mendukung untuk tercapainya hasil belajar yang lebih baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah; (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan model pembelajaran langsung dengan pendekatan keterampilan proses sains dengan pembelajaran knvensional di SMP . (2) Aktivitas belajar siswa selama proses belajar mengajar fisika menggunakan model pembelajaran langsung dengan pendekatan keterampilan proses sains tergolong sangat aktif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210102043;
dc.subjectPENDEKATAN, PEMBELAJARANen_US
dc.titlePENERAPAN M PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA EMBELAJARAN FISIKA DI SMP NEGERI 2 ROBATAL SAMPANGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record