• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN M PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA EMBELAJARAN FISIKA DI SMP NEGERI 2 ROBATAL SAMPANG

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (3)a_1.pdf (636.5Kb)
    Date
    2014-01-16
    Author
    Fitriyah Puji Lastari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Seorang guru fisika harus menguasai konsep-konsep fisika, disamping itu perlu menguasai model-model pembelajaran yang merupakan sarana untuk menciptakan kondisi belajar siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat mengembangkan cara berfikir siswa. Seorang siswa terlibat secara aktif bila siswa memiliki informasi yang terkait dengan pelajaran yang akan dipelajari Model Pembelajaran Langsung dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains model yang berpusat pada guru yang dirancang khusus untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedural dan deklaratif yang terstruktur dengan baik dan dapat di pelajari selangkah demi selangkah serta cara memproses keterampilan dalam menemukan dan mengembangkan sendiri fakta dan konsep. Adapun Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini yaitu; (1) Adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan model pembelajaran langsung dengan pendekatan keterampilan proses sains dengan pembelajaran konvensional di SMP ?, (2) Bagaimanakah aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung dengan pendekatan keterampilan proses sains dalam pembelajaran fisika di SMP ? Secara umum tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengkaji perbedaan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan pendekatan keterampilan proses sains dengan pembelajaran konvensional di SMP? (2) Untuk mendiskripsikan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung dengan pendekatan keterampilan proses sains ? Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Robatal Sampang, yang menjadi populasi penelitian adalah siswa kelas VII. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling, diperoleh 2 kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelompok siswa yang menerima pembelajaran fisika dengan model Pembelajaran Langsung dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains dan kelas kontrol sebagai kelompok siswa yang menerima pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian menggunakan Random pre-test and post-test design. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. t tabel Dari hasil analisis uji beda hasil belajar diperoleh t ix tes = 4,40, t tabel ) menunjukkan bahwa ada perbedaan ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dengan model Pembelajaran Langsung dengan pendekatan keterampilan proses sains dibanding dengan pembelajaran konvensional di SMP. Dari hasil analisis juga diketahui perbedaan beda mean skor pre-test dan post-test dari kedua kelas yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas eksperimen (VII A) sebesar 30,065 dan kelas kontrol (VII B) sebesar 17,45. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang menggunakan model Pembelajaran Langsung dengan pendekatan keterampilan proses sains lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis aktivitas belajar siswa selama proses belajar mengajar fisika menggunakan model Pembelajaran Langsung dengan pendekatan keterampilan proses sains secara klasikal sebesar 88,88%, yang termasuk pada kategori sangat aktif. Dari hasil wawancara dengan siswa, diketahui lebih tertarik dengan pembelajaran model Pembelajaran Langsung dengan pendekatan keterampilan proses sains daripada pembelajaran model konvensional dan bersifat mendukung untuk tercapainya hasil belajar yang lebih baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah; (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan model pembelajaran langsung dengan pendekatan keterampilan proses sains dengan pembelajaran knvensional di SMP . (2) Aktivitas belajar siswa selama proses belajar mengajar fisika menggunakan model pembelajaran langsung dengan pendekatan keterampilan proses sains tergolong sangat aktif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15045
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3451]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository