HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK PAUD KARTINI DI KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Dewasa ini, dengan perubahan yang radikal dalam pendidikan anak usia dini,
didorong dengan perilaku orang tua yang berlebihan terhadap anak-anaknya seakan
menjadikan seorang anak pada usia dini lebih bergantung dan takut untuk berinteraksi
dengan yang ada di sekelilingnya. Perbedaan status keluarga dari setiap orang tua
dapat juga mendorong pembentukan kepribadian seorang anak. Perbedaan pola asuh
yang diterapkan orang tua dapat mempengaruhi sikap kemandirian anak dalam
belajar dan berinteraksi sosial.
Pola asuh adalah cara orang tua dalam mendidik dan mengasuh anak-anaknya
dengan cara dan tipe tersendirinya yang fungsinya adalah untuk membentuk
kepribadian anak dengan baik, sedangkan kemandirian merupakan sikap mandiri
yang tidak bergantung kepada orang lain. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pola asuh orang tua dengan
kemandirian peserta didik pendidikan anak usia dini (PAUD) Kartini di Kecamatan
Sukodono Kabupaten Lumajang. Manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak PAUD. Metode yang
digunakan untuk menjawab permasalahan di atas yaitu dengan metode kuantitatif
karena penelitian ini bertujuan ingin menghubungkan antara pola asuh orang tua
dengan kemandirian anak dengan jumlah Responden 22 orang tua dengan teknik
populasi. Data primer dalam penelitian ini yaitu diperoleh dari angket untuk pola asuh
orang tua yang diberikan kepada orang tua dan observasi untuk kemandirian peserta
didik yang dilakukan oleh peneliti sendiri kepada peserta didik PAUD Kartini sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari dokumentasi. Analisis data
dalam penelitian ini menggunakan Korelasi Tata Jenjang dengan alasan karena
jumlah responden dalam penelitian ini kurang dari 30 orang yaitu berjumlah 22
orang. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu Ha ”ada hubungan antara pola asuh orang
tua dengan kemandirian peserta didik PAUD”, dan Ho “tidak ada hubungan antara
pola asuh orang tua dengan kemandirian peserta didik PAUD dan Ha yaitu ada
hubungan antara pola asuh orsng tua dengan kemandirian peserta didik PAUD”.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan metode statistik
mempergunakan rumus Korelasi Tata jenjang nilai r hitung sebesar 0,768. Nilai ini
lebih besar dari pada r tabelnya. Untuk N=22 dengan taraf kepercayaan 95% sebesar
0,428 diketahui bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian
peserta didik. Hipotesis Ho di tolak dan Ha diterima. Berdasarkan pengolahan data
tersebut, diketahui besarnya hubungan antara orang tua dengan kemandirian peserta
didik PAUD Kartini dalam mengasuh dan mendidik anak-anaknya agar memiliki
kemandirian yang tinggi.