HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK PAUD KARTINI DI KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Dewasa ini, dengan perubahan yang radikal dalam pendidikan anak usia dini, 
didorong  dengan  perilaku  orang  tua  yang  berlebihan  terhadap  anak-anaknya  seakan 
menjadikan seorang anak pada usia dini lebih bergantung dan takut untuk berinteraksi 
dengan  yang  ada  di  sekelilingnya.  Perbedaan  status  keluarga  dari  setiap  orang  tua 
dapat juga mendorong pembentukan kepribadian seorang anak. Perbedaan pola asuh 
yang  diterapkan  orang  tua  dapat  mempengaruhi  sikap  kemandirian  anak  dalam 
belajar dan berinteraksi sosial.  
Pola asuh adalah cara orang tua dalam mendidik dan mengasuh anak-anaknya 
dengan  cara  dan  tipe  tersendirinya  yang  fungsinya  adalah  untuk  membentuk 
kepribadian  anak  dengan  baik,  sedangkan  kemandirian  merupakan  sikap  mandiri 
yang  tidak  bergantung  kepada  orang  lain.  Oleh  karena  itu  tujuan  dari  penelitian  ini 
yaitu  untuk  mengetahui  ada  tidaknya  hubungan  antara  pola  asuh  orang  tua  dengan 
kemandirian  peserta  didik  pendidikan  anak  usia  dini  (PAUD)  Kartini  di  Kecamatan 
Sukodono  Kabupaten  Lumajang.  Manfaat  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui 
hubungan  pola  asuh  orang  tua  dengan  kemandirian  anak  PAUD.  Metode  yang 
digunakan  untuk  menjawab  permasalahan  di  atas  yaitu  dengan  metode  kuantitatif 
karena  penelitian  ini  bertujuan  ingin  menghubungkan  antara  pola  asuh  orang  tua 
dengan  kemandirian  anak  dengan  jumlah  Responden  22  orang  tua  dengan  teknik 
populasi. Data primer dalam penelitian ini yaitu diperoleh dari angket untuk pola asuh 
orang tua  yang diberikan kepada orang tua dan observasi untuk kemandirian peserta 
didik  yang  dilakukan  oleh  peneliti  sendiri  kepada  peserta  didik  PAUD  Kartini sedangkan  untuk  data  sekunder  diperoleh  dari  dokumentasi.  Analisis  data 
dalam  penelitian  ini  menggunakan  Korelasi  Tata  Jenjang  dengan  alasan  karena 
jumlah  responden  dalam  penelitian  ini  kurang  dari  30  orang  yaitu  berjumlah  22 
orang. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu Ha ”ada hubungan antara pola asuh orang 
tua  dengan  kemandirian  peserta  didik  PAUD”,  dan  Ho  “tidak  ada  hubungan  antara 
pola  asuh  orang  tua  dengan  kemandirian  peserta  didik  PAUD  dan  Ha  yaitu  ada 
hubungan antara pola asuh orsng tua dengan kemandirian peserta didik PAUD”. 
Berdasarkan  hasil  analisis  data  menggunakan  metode  statistik 
mempergunakan  rumus  Korelasi  Tata  jenjang  nilai  r  hitung  sebesar  0,768.  Nilai  ini 
lebih besar dari pada r tabelnya. Untuk N=22 dengan taraf kepercayaan 95% sebesar 
0,428 diketahui bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian 
peserta  didik.  Hipotesis  Ho  di  tolak  dan  Ha  diterima.  Berdasarkan  pengolahan  data 
tersebut,  diketahui  besarnya  hubungan  antara  orang  tua  dengan  kemandirian  peserta 
didik  PAUD  Kartini  dalam  mengasuh  dan  mendidik  anak-anaknya  agar  memiliki 
kemandirian yang tinggi.
