• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan antara Jenjang Pendidikan dan Partisipasi Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Rebalas 01 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (4)bb_1.pdf (681.5Kb)
    Date
    2014-01-16
    Author
    Hanif Syamsiyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Yang melatar belakangi penelitian adalah prestasi belajar siswa kelas V SDN Rebalas 01 yang rendah. Peneliti ingin mengetahui apa yang menjadi penyebab prestasi belajar siswa kelas V rendah.. Rumusan masalah penelitian adalah apakah secara bersama-sama variabel bebas yang terdiri dari jenjang pendidikan dan partisipasi orang tua memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel terikat prestasi belajar siswa kelas V SDN Rebalas 01 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2011/2012 dan apakah secara sendiri-sendiri. variabel bebas yang terdiri dari jenjang pendidikan dan partisipasi orang tua memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel terikat prestasi belajar siswa kelas V SDN Rebalas 01 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui apakah secara bersama-sama variabel bebas yang terdiri dari jenjang pendidikan dan partisipasi orang tua memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel terikat prestasi belajar siswa kelas V SDN Rebalas 01 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2011/2012 dan apakah secara sendiri-sendiri variabel bebas yang terdiri dari jenjang pendidikan dan partisipasi orang tua memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel terikat prestasi belajar si swa kelas V SDN Rebalas 01 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2011/2012. Tingkat pendidikan adalah suatu ukuran yang menjadi tolak ukur keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki seorang individu di masyarakat. Jadi dengan kata lain tingkat atau jenjang pendidikan yang pernah ditempuh masingmasing orang tua dari murid sedikit banyak dapat mempengaruhi pola pikir mereka dalam membimbing anak dalam belajarnya. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Slameto. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasional, dengan penentuan daerah penelitian secara purposive area dan sampel penelitian sebanyak 23 responden. Untuk memperoleh data digunakan metode angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas, reabilitas, analisis regresi l inier berganda, garis regresi uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan nilai F sebesar 104,118 dan untuk nilai F sebesar 3,493 pada taraf signifikansi 5%. Kedua variabel ini secara bersama-sama berpengaruh sebesar 91,23%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa hipotesis kedua diterima Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan variabel jenjang pendidikan diperoleh t = 4,389 > t = 2,086 sebesar 28,99% dan hasil perhitungan variabel partisipasi orang tua diperoleh t = 8,148 > t = 2,086 berpengaruh sebesar 62,24%. Dapat disimpulkan bahwa sebesar 91,23% bagian dari prestasi belaj ar siswa secara bersama-sama dipengaruhi oleh varibel jenjang pendidikan dan partisipasi orang tua dan sebesar 28,99% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh jenjang pendidikan orang tua dan sebesar 62,24% dipengaruhi oleh partisipasi orang tua. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disarankan bagi peneliti diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan sebagai bekal setelah lulus S1, bagi siswa diharapkan dapat membangkitkan semangat belajar mereka, bagi orag tua diharapkan dapat meningkatkan perhatian mereka dalam proses belajar anak, bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengembangkan penelitian sejenis dengan memsukkan variabel-variabel lain dan bagi guru/sekolah diharapkan dapat membangun komunikasi yang baik dengan orang tua.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14964
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository