Show simple item record

dc.contributor.authorDWIRUKMANTO, MEINDIAR
dc.date.accessioned2013-10-31T02:28:32Z
dc.date.available2013-10-31T02:28:32Z
dc.date.issued2013-10-31
dc.identifier.nimNIM070210102085
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1490
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengkaji ada/tidaknya perbedaan hasil belajar fisika siswa yang belajar melalui pemanfaatan Laboratorium Virtual dengan yang belajar melalui pemanfaatan Laboratorium Riil; 2) Mendeskripsikan respon siswa setelah pembelajaran fisika melalui pemanfaatan Laboratorium Virtual dengan Menggunakan Metode Eksperimen; dan 3) Mengkaji hasil belajar fisika siswa melalui pemanfaatan Laboratorium Virtual dengan Menggunakan Metode Eksperimen pada pembelajaran fisika di SMP.. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN Sukorambi. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas menggunakan program bantu SPSS. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Analisis datanya adalah menggunakan uji untuk menguji ada/tidaknya perbedaan hasil belajar fisika siswa yang belajar melalui pemanfaatan Laboratorium Virtual dengan yang belajar melalui pemanfaatan Laboratorium Riil, menggunakan skala likert untuk mengetahui respon siswa, dan menggunakan persentase ketuntasan hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa dengan menggunakan kriteria pengujian yaitu jika diperoleh hasil -ttabel<thitung>+ttabel maka dengan demikian, hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Hasil analisis terhadap respon siswa diperoleh respon yang positif, karena dari 10 pernyataan yang diajukan kepada siswa diperoleh suatu hasil skor persentase respon siswa pada tiap item pernyataan berada pada rentang angka antara 76 % - 100 % yang menyatakan kriteria respon Sangat Senang atau Sangat Setuju. Hasil analisis terhadap hasil belajar fisika siswa diperoleh bahwa ketuntasan hasil belajar fisika secara klasikal adalah lebih besar dari 75%, sehingga kelas dinyatakan tuntas secara klasikal. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada perbedaan hasil belajar fisika pada siswa yang belajar melalui pemanfaatan Laboratorium Virtual dengan yang belajar melalui pemanfaatan Laboratorium Riil pada kelas VII SMPN Sukorambi tahun ajaran 2011/2012; 2) Siswa memberikan respon yang positif setelah pembelajaran fisika melalui pemanfaatan Laboratorium Virtual dengan menggunakan Metode Eksperimen; dan 3) Hasil belajar fisika siswa yang belajar melalui pemanfaatan Laboratorium Virtual dengan menggunakan Metode Eksperimen adalah tuntas secara klasikal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210102085;
dc.subjectLaboratorium Virtual, Menggunakan Metode Eksperimen, Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titlePEMANFAATAN LABORATORIUM VIRTUAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record