• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMANFAATAN LABORATORIUM VIRTUAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    MEINDIAR DWIRUKMANTO.pdf (119.2Kb)
    Date
    2013-10-31
    Author
    DWIRUKMANTO, MEINDIAR
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengkaji ada/tidaknya perbedaan hasil belajar fisika siswa yang belajar melalui pemanfaatan Laboratorium Virtual dengan yang belajar melalui pemanfaatan Laboratorium Riil; 2) Mendeskripsikan respon siswa setelah pembelajaran fisika melalui pemanfaatan Laboratorium Virtual dengan Menggunakan Metode Eksperimen; dan 3) Mengkaji hasil belajar fisika siswa melalui pemanfaatan Laboratorium Virtual dengan Menggunakan Metode Eksperimen pada pembelajaran fisika di SMP.. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN Sukorambi. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas menggunakan program bantu SPSS. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Analisis datanya adalah menggunakan uji untuk menguji ada/tidaknya perbedaan hasil belajar fisika siswa yang belajar melalui pemanfaatan Laboratorium Virtual dengan yang belajar melalui pemanfaatan Laboratorium Riil, menggunakan skala likert untuk mengetahui respon siswa, dan menggunakan persentase ketuntasan hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa dengan menggunakan kriteria pengujian yaitu jika diperoleh hasil -ttabel<thitung>+ttabel maka dengan demikian, hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Hasil analisis terhadap respon siswa diperoleh respon yang positif, karena dari 10 pernyataan yang diajukan kepada siswa diperoleh suatu hasil skor persentase respon siswa pada tiap item pernyataan berada pada rentang angka antara 76 % - 100 % yang menyatakan kriteria respon Sangat Senang atau Sangat Setuju. Hasil analisis terhadap hasil belajar fisika siswa diperoleh bahwa ketuntasan hasil belajar fisika secara klasikal adalah lebih besar dari 75%, sehingga kelas dinyatakan tuntas secara klasikal. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada perbedaan hasil belajar fisika pada siswa yang belajar melalui pemanfaatan Laboratorium Virtual dengan yang belajar melalui pemanfaatan Laboratorium Riil pada kelas VII SMPN Sukorambi tahun ajaran 2011/2012; 2) Siswa memberikan respon yang positif setelah pembelajaran fisika melalui pemanfaatan Laboratorium Virtual dengan menggunakan Metode Eksperimen; dan 3) Hasil belajar fisika siswa yang belajar melalui pemanfaatan Laboratorium Virtual dengan menggunakan Metode Eksperimen adalah tuntas secara klasikal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1490
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository