Show simple item record

dc.contributor.authorDEVITA IVONE AMANDA
dc.date.accessioned2013-10-31T02:25:40Z
dc.date.available2013-10-31T02:25:40Z
dc.date.issued2013-10-31
dc.identifier.nimNIM070210201119
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1488
dc.description.abstractAnak usia dini yaitu anak yang berada pada rentang usia lahir sampai dengan enam tahun. Usia dini merupakan rentang usia kritis dan sekaligus strategis dalam proses pendidikan yang dapat mempengaruhi proses serta hasil pendidikan pada tahap selanjutnya. Itu artinya periode ini merupakan periode kondusif untuk menumbuh kembangkan berbagai kemampuan fisiologis, kognitif, bahasa, sosioemosional, dan spiritual. Perkembangan fisik sangat berkaitan erat dengan perkembangan motorik anak. Motorik merupakan perkembangan pengendalian gerakan tubuh melalui kegiatan yang terkoordinir antara susunan saraf, otot, otak, dan spinal cord. Perkembangan motorik meliputi motorik kasar dan halus. Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar atau sebagian besar atau seluruh anggota tubuh yang di pengaruhi oleh kematangan anak itu sendiri. Contohnya kemampuan duduk, menendang, berlari, naik turun tangga dan sebagainya. Oleh sebab itu biasanya anak belajar gerakan motorik kasar di luar kelas atau di dalam ruangan. Untuk merangsang motorik kasar anak dapat di lakukan dengan melatih anak untuk meloncat, memanjat, berlari, berjinjit, dan sebagainya. Sesuai dengan latar belakang masalah yang telah di uraikan tersebut, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah hubungan antara bermain edukatif dengan perkembangan motorik kasar anak usia dini di Play Group AL Irsyad AL Islamiyyah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010-2011? Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif karena penelitian ini dimaksudkan untuk membandingkan atau menghubungkan dua variabel tertentu, yaitu untuk mengetahui adakah hubungan antara bermain edukatif dengan perkembangan motorik kasar anak usia dini di Play Group Al Irsyad Al Islamiyyah Kabupaten Jember. Daerah atau tempat penelitian ditetapkan di Play Group AL Irsyad AL Islamiyyah Kabupaten Jember ditetapkan menggunakan metode purposive sampling dengan tujuan untuk menetapkan lokasi yang dianggap relevan dengan tujuan penelitian. Responden pada penelitian ini yaitu duapuluhdua anak usia dini di kelas Orange Play Group AL Irsyad AL Islamiyyah Kabupaten Jember dan informan pendukung yaitu Kepala Play Group AL Irsyad AL Islamiyyah dan tutor. Metode yang digunakan dalam memperoleh data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer diperoleh melalui metode observasi yaitu membandingkan antara bermain edukatif dengan perkembangan motorik kasar hasil perbandingan tersebut dimasukkan rumus chi square dan untuk mengetahui besar kecilnya korelasi di gunakan rumus koefisien kontingensi. Sedangkan data sekunder di peroleh melalui metode wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan bermain edukatif dengan perkembangan motorik kasar anak usia dini di Play Group AL Irsyad AL Islamiyyah Kabupaten Jember dengan tingkat korelasi sedang. Hal ini ditandai dengan data di lapangan yang menunjukkan bahwa anak Play Group AL Irsyad AL Islamiyyah sangat respon terhadap permainan ini dan mereka dapat mengikuti dengan baik. Dari semua jenis bermain edukatif dan aspek perkembangan motorik kasar dapat di simpulkan bahwa bermain edukatif dapat di gunakan untuk mengembangkan berbagai aspek dalam perkembangan anak usia dini diantaranya perkembangan aspek motorik kasar anak.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210201119;
dc.subjectPERKEMBANGAN MOTORIK KASARen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA BERMAIN EDUKATIF DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR SISWA DI PLAY GROUP AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record