• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PASCA PEMBELIAN KARTU PRA BAYAR KARTU AS

    Thumbnail
    View/Open
    a (60)x_1.pdf (110.1Kb)
    Date
    2014-01-16
    Author
    Inike Raini Kristiyaningrum
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bauran pemasaran yang baik terbukti mempunyai pengaruh terhadap perilaku konsumen pasca pembelian. Semakin baik bauran pemasaran disajikan, maka pelanggan akan semakin puas dengan bauran pemasaran yang telah disajikan sehingga konsumen akan menjadi pelanggan tetap (loyal) serta memberikan argumen yang positif kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari bauran pemasaran terhadap perilaku konsumen pasca pembelian kartu pra bayar Kartu AS. Selain itu juga ingin mengetahui diantara variabel bauran pemasaran yang mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap perilaku konsumen pasca pembelian kartu pra bayar Kartu AS. Bauran pemasaran adalah sarana atau alat yang dipakai oleh perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran yaitu memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Untuk itu perusahaan perlu memperhatikan tiap unsur yang terdapat dalam bauran pemasaran. Bauran pemasaran yang diberikan meliputi, (1) produk, (2) harga, (3) tempat, (4) promosi, (5) orang, (6) bukti fisik dan (7) proses. Rangsangan pemasaran yang terdiri dari bauran pemasaran tersebut akan mempengaruhi tanggapan konsumen, dimana alternatif yang diberikan akan menjadi pertimbangan konsumen untuk menentukan proses selanjutnya. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu tempat penelitian ditentukan secara sengaja dengan viii pertimbangan-pertimbangan tertentu. Responden yang diambil adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, sedang metode pengambilan responden menggunakan teknik populatif sebanyak 84 orang. Metode pengumpulan data melalui metode angket, metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, analisis varian garis regresi dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian membuktikan bahwa bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik dan proses mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumen pasca konsumen pasca pembelian kartu pra bayar Kartu AS. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji F, dimana F hitung > F tabel yaitu 16,035>2,33 dengan taraf signifikansi 0.000. Koefisien determinasi (R square) sebesar 0,760 yang berarti bahwa besarnya proporsi sumbangan bauran pemasaran terhadap perilaku konsumen pasca pembelian kartu pra bayar Kartu AS adalah sebesar 76 %, sisanya sebesar 24 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti faktor sosial (motivasi, persepsi, pengetahuan, keyakinan dan sikap), faktor psikis (keluarga, status sosial dan kelompok acuan). Hasil analisis secara parsial dengan menggunakan uji t membuktikan bahwa variabel harga memiliki pengaruh dominan yaitu sebesar 15,7%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14876
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12462]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository