PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PASCA PEMBELIAN KARTU PRA BAYAR KARTU AS
Abstract
Bauran pemasaran yang baik terbukti mempunyai pengaruh terhadap perilaku
konsumen pasca pembelian. Semakin baik bauran pemasaran disajikan, maka
pelanggan akan semakin puas dengan bauran pemasaran yang telah disajikan
sehingga konsumen akan menjadi pelanggan tetap (loyal) serta memberikan argumen
yang positif kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
yang signifikan dari bauran pemasaran terhadap perilaku konsumen pasca pembelian
kartu pra bayar Kartu AS. Selain itu juga ingin mengetahui diantara variabel bauran
pemasaran yang mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap perilaku
konsumen pasca pembelian kartu pra bayar Kartu AS.
Bauran pemasaran adalah sarana atau alat yang dipakai oleh perusahaan untuk
mencapai tujuan pemasaran yaitu memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Untuk itu perusahaan perlu memperhatikan tiap unsur yang terdapat dalam bauran
pemasaran. Bauran pemasaran yang diberikan meliputi, (1) produk, (2) harga, (3)
tempat, (4) promosi, (5) orang, (6) bukti fisik dan (7) proses. Rangsangan pemasaran
yang terdiri dari bauran pemasaran tersebut akan mempengaruhi tanggapan
konsumen, dimana alternatif yang diberikan akan menjadi pertimbangan konsumen
untuk menentukan proses selanjutnya.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Jember. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode
purposive area yaitu tempat penelitian ditentukan secara sengaja dengan
viii
pertimbangan-pertimbangan tertentu. Responden yang diambil adalah mahasiswa
Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Jember, sedang metode pengambilan responden menggunakan teknik
populatif sebanyak 84 orang. Metode pengumpulan data melalui metode angket,
metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis regresi linier berganda, analisis varian garis regresi dengan uji F dan
uji t.
Hasil penelitian membuktikan bahwa bauran pemasaran yang meliputi
produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik dan proses mempunyai pengaruh
yang signifikan terhadap perilaku konsumen pasca konsumen pasca pembelian kartu
pra bayar Kartu AS. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji F, dimana F hitung
> F tabel yaitu 16,035>2,33 dengan taraf signifikansi 0.000. Koefisien determinasi (R
square) sebesar 0,760 yang berarti bahwa besarnya proporsi sumbangan bauran
pemasaran terhadap perilaku konsumen pasca pembelian kartu pra bayar Kartu AS
adalah sebesar 76 %, sisanya sebesar 24 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini, seperti faktor sosial (motivasi, persepsi, pengetahuan,
keyakinan dan sikap), faktor psikis (keluarga, status sosial dan kelompok acuan).
Hasil analisis secara parsial dengan menggunakan uji t membuktikan bahwa variabel
harga memiliki pengaruh dominan yaitu sebesar 15,7%.