• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN KONSEP LIRIK LAGU DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP (Studi Eksperimen Pokok Bahasan Bunyi Kelas VIII SMPN 2 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    ANJAR PUJI LESTARI.pdf (155.9Kb)
    Date
    2013-10-31
    Author
    PUJI LESTARI, ANJAR
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, penentuan tempat penelitian adalah dengan purposive sampling area, yaitu menentukan dengan sengaja tempat penelitian dengan pertimbangan tertentu. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan Cluster Random Sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group post-test only design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan uji-t untuk menjawab rumusan masalah yang pertama sedangkan untuk menjawab rumusan masalah yang kedua menggunakan uji aktivitas. Berdasarkan hasil analisis t-test dengan taraf signifikasi 5% dapat diketahui bahwa pembelajaran kooperatif tipe konsep lirik lagu tidak memberikan pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar fisika. Untuk nilai hasil belajar eksperimen : kontrol = 80,91: 79,57. Aktivitas siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua yaitu 60,97% menjadi 61,5% dan untuk kelas kontrol mengalami penurunan yaitu 61,41% menjadi 60,40%. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Tidak ada perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif menggunakan konsep lirik lagu dengan penerapan model pembelajaran kooperatif menggunakan permasalahan dalam pembelajaran fisika di SMP karena pembelajaran kooperatif menggunakan konsep lirik lagu tidak mempengaruhi hasil belajar fisika secara signifikan, (2) Aktivitas siswa saat proses pembelajaran kooperatif menggunakan konsep lirik lagu masuk dalam kriteria aktif dan mengalami peningkatan saat pertemuan pertama ke pertemuan kedua.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1475
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • Penerapan dua bahasa untuk membuat media pembelajaran matematika berbantuan komputer merupakan upaya pembaharuan dalam pengembangan media pembelajaran matematika untuk membantu proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah desain media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga) SMP Kelas VIII Semester 2?. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction yang dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar secara mandiri pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga). 

      Ikhsanul Halikin (2013-12-24)
      Graf merupakan salah satu cabang matematika yang penting dan banyak manfaatnya. Topologi sebuah jaringan merupakan salah satu dari sekian banyak contoh yang dapat dimodelkan dengan graf. Seiring dengan beragam permasalahan ...
    • PENERAPAN MODEL METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP LEARNING CYCLE 5E DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP 

      SOLAHUDIN AL AYUBI (2014-01-23)
      Rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan masih merupakan masalah yang sulit dipecahkan oleh pendidik, terutama pada pembelajaran Fisika. Pembelajaran fisika di sekolah-sekolah pada umumnya masih menggunakan ...
    • Variabel-Variabel Pembelajaran: Taksonomi Tujuan Pembelajaran, Taksonomi Hasil Belajar, Karakteristik Pebelajar, Strategi dan Metode Pembelajaran, Organisasi Isi Pembelajaran 

      Ani, Hety Mustika (2013-07-01)
      Character education aims to improve the quality of the implementation and outcomes of education that leads to the completed, integrated and balanced achievements of the character building and good moral values of students, ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository