Show simple item record

dc.contributor.authorCICIN SINJUAMAH PRILINDA
dc.date.accessioned2014-01-15T07:40:24Z
dc.date.available2014-01-15T07:40:24Z
dc.date.issued2014-01-15
dc.identifier.nimNIM010210302025
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14693
dc.description.abstractPembelajaran sejarah yang bersifat monoton dan membosankan menyebabkan siswa cenderung malas belajar dan pasif dalam pembelajaran sehingga hasil belajarnya tidak memuaskan. Untuk mengaktifkan siswa dan meningkatkan hasil belajar sejarah, maka dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang sesuai. Salah satunya adalah pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Pembelajaran kooperatif model Jigsaw adalah suatu metode pembelajaran dengan melibatkan kelompok-kelompok, yang menggunakan pola kelompok asal dan kelompok ahli. Permasalahan dalam penelitian ini: (1) Adakah perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran kooperatif model Jigsaw dan pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran Sejarah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jember pada semester gasal tahun pembelajaran 2005/2006? (2) Seberapa besar efektivitas pembelajaran kooperatif model Jigsaw terhadap hasil belajar Sejarah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jember pada semester gasal tahun pembelajaran 2005/2006?. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuktikan bahwa pembelajaran kooperatif model Jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jember pada semester gasal tahun pembelajaran 2005/2006, (2) mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jember pada semester gasal tahun pembelajaran 2005/2006. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang menggunakan sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah responden 84 siswa. Tempat penelitian di SMP Negeri 1 Jember kelas VII, vii khususnya kelas VIIE dan kelas VIIG. Teknik pengumpulan data melalui tes, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Untuk menganalisis data menggunakan uji t-tes dan efektivitas relatif. Hasil analisis yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif model Jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar sejarah, dan lebih efektif dibandingkan pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional. Analisis data dengan menggunakan uji t-tes menghasilkan t 7.91, sedangkan t tabel viii hitung 1.99. Untuk efektifitas relatif diperoleh nilai 6.88%. Kesimpulan yang didapat dari analisis data: (1) Ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran kooperatif model Jigsaw dan pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran Sejarah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jember pada semester gasal tahun pembelajaran 2005/2006, (2) Pembelajaran kooperatif model Jigsaw efektif dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jember pada semester gasal tahun pembelajaran 2005/2006, dengan tingkat efektivitas 6,88%. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries010210302025;
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAHen_US
dc.titlePENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL SMP NEGERI 1 JEMBER TAHUN PEMBELAJARAN 2005/2006en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record