• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL SMP NEGERI 1 JEMBER TAHUN PEMBELAJARAN 2005/2006

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-grey-2008-christinas-2308-christin-t xx_1.pdf (5.267Kb)
    Date
    2014-01-15
    Author
    CICIN SINJUAMAH PRILINDA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran sejarah yang bersifat monoton dan membosankan menyebabkan siswa cenderung malas belajar dan pasif dalam pembelajaran sehingga hasil belajarnya tidak memuaskan. Untuk mengaktifkan siswa dan meningkatkan hasil belajar sejarah, maka dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang sesuai. Salah satunya adalah pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Pembelajaran kooperatif model Jigsaw adalah suatu metode pembelajaran dengan melibatkan kelompok-kelompok, yang menggunakan pola kelompok asal dan kelompok ahli. Permasalahan dalam penelitian ini: (1) Adakah perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran kooperatif model Jigsaw dan pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran Sejarah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jember pada semester gasal tahun pembelajaran 2005/2006? (2) Seberapa besar efektivitas pembelajaran kooperatif model Jigsaw terhadap hasil belajar Sejarah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jember pada semester gasal tahun pembelajaran 2005/2006?. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuktikan bahwa pembelajaran kooperatif model Jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jember pada semester gasal tahun pembelajaran 2005/2006, (2) mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jember pada semester gasal tahun pembelajaran 2005/2006. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang menggunakan sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah responden 84 siswa. Tempat penelitian di SMP Negeri 1 Jember kelas VII, vii khususnya kelas VIIE dan kelas VIIG. Teknik pengumpulan data melalui tes, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Untuk menganalisis data menggunakan uji t-tes dan efektivitas relatif. Hasil analisis yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif model Jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar sejarah, dan lebih efektif dibandingkan pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional. Analisis data dengan menggunakan uji t-tes menghasilkan t 7.91, sedangkan t tabel viii hitung 1.99. Untuk efektifitas relatif diperoleh nilai 6.88%. Kesimpulan yang didapat dari analisis data: (1) Ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran kooperatif model Jigsaw dan pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran Sejarah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jember pada semester gasal tahun pembelajaran 2005/2006, (2) Pembelajaran kooperatif model Jigsaw efektif dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jember pada semester gasal tahun pembelajaran 2005/2006, dengan tingkat efektivitas 6,88%. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14693
    Collections
    • UT-Faculty of Public Health [2327]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository