dc.description.abstract | Kenyataan yang terjadi menunjukkan bahwa pembelajaran di SD hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum guru cenderung menggunakan teknik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran IPA dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah.Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaranIPA tentang Tata Surya dengan metode Role Playing pada siswa kelas VI SDN Lempeni 01 Tempeh. (2) Untuk mengetahui motivasi siswa dalam menerapkan pembelaran IPA tentang Tata Surya dengan Metode Role Playing pada siswa kelas VI SDN Lempeni 01 Tempeh. (3) Untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran IPA tentang Tata Surya dengan metode Role Playing pada siswa kelas VI SDN Lempeni 01 Tempeh.Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lempeni 01 Kelas VI yang terdiri dari 19 siswa, 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui obeservasi, wawancara, tes, dan dokumentsi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriftif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa obserasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu.Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 16 Pebruari 2010 sampai 19 Maret 2010 dengan subyek penelitian siswa kelas VI SDN Lempeni 01 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran IPA tentang tata surya denga metode Role Playing pada siklus I persentase hasil belajar siswa dengan kriteria baik sebesar 52 %, siklus II sebesar 89 %. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 10.5 % siswa dengan kriteria hasil belajar cukupBerdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 89 %.Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi penerapan pembelajaran IPA tentang tata surya dengan metode Role Playing dan dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, memotifasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningktkan keakraban siswa. | en_US |