PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG TATA SURYA DENGAN METODE ROLE PLAYING SISWA KELAS VI SDN LEMPENI 01 KECAMATAN TEMPEH KABUPATEN LUMAJANG
Abstract
Kenyataan  yang  terjadi  menunjukkan  bahwa  pembelajaran  di  SD  hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum guru cenderung menggunakan teknik pembelajaran  yang  monoton  sehingga  membuat  siswa  kurang menyenangi pelajaran  IPA  dan  akibatnya  hasil  belajar  menjadi rendah.Tujuan  dari  penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaranIPA tentang Tata Surya dengan metode Role Playing pada siswa kelas VI SDN Lempeni 01 Tempeh. (2) Untuk  mengetahui motivasi  siswa  dalam  menerapkan  pembelaran  IPA  tentang Tata  Surya dengan  Metode  Role  Playing  pada  siswa  kelas  VI  SDN  Lempeni  01 Tempeh.  (3)  Untuk  mengetahui  ketuntasan  belajar  siswa  setelah mengikuti pembelajaran  IPA  tentang  Tata  Surya  dengan  metode  Role Playing    pada  siswa kelas VI SDN  Lempeni  01 Tempeh.Penelitian ini dilaksanakan di SDN  Lempeni 01 Kelas VI yang terdiri dari 19 siswa, 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Siswa  dibagi  menjadi  4  kelompok yang  hiterogen.  Penelitian  ini  menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak  2 siklus.  Metode  pengumpulan  data  melalui obeservasi, wawancara,  tes,  dan  dokumentsi  teknis.  Teknik  analisis data  yang  digunakan adalah deskriftif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data  berupa  obserasi,  wawancara  dan dokumentasi,  sedangkan deskriptif kuantitatif  untuk  menganalisis  tes  individu.Pengambilan  data mulai  dilakukan tanggal 16 Pebruari 2010 sampai 19 Maret 2010 dengan subyek penelitian siswa kelas VI SDN Lempeni 01 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa  selama pembelajaran  IPA  tentang  tata  surya  denga  metode  Role  Playing pada siklus  I  persentase  hasil  belajar  siswa  dengan  kriteria  baik  sebesar  52 %, siklus II sebesar 89 %. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 10.5 % siswa  dengan  kriteria  hasil  belajar  cukupBerdasarkan hasil tersebut  diketahui bahwa  persentase  ketuntasan  belajar  siswa secara   klasikal adalah 89 %.Kesimpulan  dari  penelitian  ini  adalah  siswa  mengalami peningkatan  hasil belajar  dan  motivasi  belajar  siswa  pada  materi penerapan  pembelajaran  IPA tentang  tata  surya  dengan  metode  Role Playing  dan  dapat menciptakan pembelajaran  yang  aktif  dan  merangsang  siswa  untuk lebih  berani mengungkapkan  pendapat,  memotifasi  siswa  untuk  meningkatkan hasil  belajar serta dapat meningktkan keakraban siswa.