Show simple item record

dc.contributor.authorMULIADI
dc.date.accessioned2014-01-15T07:32:17Z
dc.date.available2014-01-15T07:32:17Z
dc.date.issued2014-01-15
dc.identifier.nim070210204070
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14683
dc.description.abstractRINGKASAN PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGARANG INDAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MADIA GAMBAR SERI SISWA KELAS V SDN MANGLI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011; MULIADI; 070210204070 ; 2011; 54 Halaman; Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi S1 Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Menurunya hasil belajar Bahasa Indonesia di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: metode pembelajaran dan media pembelajaran masih bersifat konvensional.Sehingga pemahaman terhadap konsep bahasa indonesia sulit dicerna dan berakibat pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah bahasa indonesia yang merupakan salah satu kegitan utama dalam pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah bahasa indonesia khususnya mengarang,guru harus harus berperan aktif untuk menciptakan beberapa media pembelajaran,media tersebut dapat mendekatkan bahsa indonesia dengan siswa dan memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk lebih benyak berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran serta dapat menemukan dan membangun pengetahuan secara realistis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan media gambar seri dalam pembelajaran bahasa indonesia yang dapat meningkatkan hasil belajar mengarang indah siswa kelas V SD,serta bagaimana peningkatan kemampuan mengarang indah melalui media gambar seri siswa kelas V SDN Mangli 01? Penelitian ini dilakukan untuk meningkatakan hasil belajar siswa kelas V SDN Mangli 01 dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan mengarang indah dengan menggunakamn media gambar seeri 2010-2011.Pengambilan data dilaksanakan di SDN Mangli 01 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah adalah model skema Kemis dan Taggar dengan tahap penelitian tindakan 8 yang meliputi perencanaan,tindakan,pengamatan dan refleksi.Pengumpulan data menggunakan metode Observasi tes dan wawancara data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I,dan tse akhir siklus II serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan pneliti.penggunaan media gambar seri pada pembelajaran mengarang indah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan kemampuan akademik dalam proses belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian adalah penggunaan media gambar seri pada pembelajaran bahasa indonesia pkok bahasan mengarang indah dapat menuingkatkan hasil bekajar siswa baik secara individu maupun secara berkelompok,hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas V SDN Mangli 01 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember pada siklus sampai siklus II,ketuntasan hasil belajar siswa 76% pada siklus I dan 81% pada siklus II atau sebanyak 39 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Saran dari penelitian ini adalah penggunaan media gambar seri dapat di gunakan guru sebagai variasi pembelajaran yang bisa digunakan pada sub pokok bahasab lain dan kelas yang berbaedaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204070;
dc.titlePeningkatan Kemampuan Mengarang Indah dengan Mengunakan Media Gambar Seri Siswa Kelas V SDN MANGLI 01 Jember tahun Pembelajaran 2010-2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record