Peningkatan Kemampuan Mengarang Indah dengan Mengunakan Media Gambar Seri Siswa Kelas V SDN MANGLI 01 Jember tahun Pembelajaran 2010-2011
Abstract
RINGKASAN
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGARANG INDAH DENGAN
MENGGUNAKAN MEDIA MADIA GAMBAR SERI SISWA KELAS V SDN
MANGLI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011;
MULIADI; 070210204070 ; 2011; 54 Halaman; Jurusan Ilmu Pendidikan Program
Studi S1 Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Jember.
Menurunya hasil belajar Bahasa Indonesia di sekolah disebabkan oleh
beberapa faktor antara lain: metode pembelajaran dan media pembelajaran masih
bersifat konvensional.Sehingga pemahaman terhadap konsep bahasa indonesia sulit
dicerna dan berakibat pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah bahasa
indonesia yang merupakan salah satu kegitan utama dalam pembelajaran. Salah satu
cara untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah bahasa indonesia
khususnya mengarang,guru harus harus berperan aktif untuk menciptakan beberapa
media pembelajaran,media tersebut dapat mendekatkan bahsa indonesia dengan siswa
dan memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk lebih benyak
berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran serta dapat menemukan dan membangun
pengetahuan secara realistis.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan media
gambar seri dalam pembelajaran bahasa indonesia yang dapat meningkatkan hasil
belajar mengarang indah siswa kelas V SD,serta bagaimana peningkatan kemampuan
mengarang indah melalui media gambar seri siswa kelas V SDN Mangli 01?
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatakan hasil belajar siswa kelas V
SDN Mangli 01 dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan mengarang
indah dengan menggunakamn media gambar seeri 2010-2011.Pengambilan data
dilaksanakan di SDN Mangli 01 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Desain yang dipakai dalam penelitian
ini adalah adalah model skema Kemis dan Taggar dengan tahap penelitian tindakan
8 yang meliputi perencanaan,tindakan,pengamatan dan refleksi.Pengumpulan data menggunakan metode Observasi tes dan wawancara data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I,dan tse akhir siklus II serta jawaban
siswa terhadap wawancara yang dilakukan pneliti.penggunaan media gambar seri
pada pembelajaran mengarang indah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan
kemampuan akademik dalam proses belajar mengajar.
Kesimpulan dari penelitian adalah penggunaan media gambar seri pada
pembelajaran bahasa indonesia pkok bahasan mengarang indah dapat menuingkatkan
hasil bekajar siswa baik secara individu maupun secara berkelompok,hal ini terbukti
dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas V SDN Mangli 01
Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember pada siklus sampai siklus II,ketuntasan
hasil belajar siswa 76% pada siklus I dan 81% pada siklus II atau sebanyak 39 siswa
yang mengalami ketuntasan hasil belajar.
Saran dari penelitian ini adalah penggunaan media gambar seri dapat di
gunakan guru sebagai variasi pembelajaran yang bisa digunakan pada sub pokok
bahasab lain dan kelas yang berbaeda