Show simple item record

dc.contributor.authorUMI SYAHROZAD
dc.date.accessioned2013-10-30T05:35:30Z
dc.date.available2013-10-30T05:35:30Z
dc.date.issued2013-10-30
dc.identifier.nimNIM070210204151
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1457
dc.description.abstractLatar belakang dari penelitian tindakan ini berdasarkan hasil observasi awal di lapangan dan informasi dari wali kelas V SD Negeri Kencong 05 Jember ditemukan bahwa kemampuan siswa kelas V SD Negeri Kencong 05 Jember dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB pada umumnya masih rendah, siswa masih kesulitan menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB, siswa kurang termotivasi untuk bertanya, dan siswa masih belum bisa menemukan sendiri suatu konsep Matematika. Berdasarkan masalah yang ditemukan, salah satu strategi untuk mengatasi masalah pembelajaran adalah menerapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK dan FPB dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester 1, bagaimanakah aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK dan FPB dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V semester 1, dan bagaimanakah hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran menyelesaikan soal cerita yang berkaitan KPK dan FPB dengan mengunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V semester 1. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji penerapan pembelajaran menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester 1, menelaah peningkatan aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V semester 1, dan menelaah peningkatan hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V semester 1. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian diperoleh dari penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB. Melalui penerapan pendekatan kontekstual, kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB meningkat. Keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB juga meningkat yaitu siswa mampu menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB dalam waktu yang lebih cepat dari sebelumnya dan dalam menyelesaikan siswa menuliskan apa yang diketahui, ditanya, jawaban dan kesimpulan. Kemampuan siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual adalah meningkat, tingkat ketuntasan siswa pada siklus I mencapai 74,19%. Pada siklus II meningkat menjadi 83,87%. Peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II menunjukkan bahwa secara klasikal penerapan pendekatan kontekstual berhasil membuat siswa aktif selama pembelajaran berlangsung. Saran yang ingin disampaikan yaitu bagi guru hendaknya lebih selektif dalam memiliki materi yang akan diajarkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual karena membutuhkan waktu yang relatif lama terutama pada saat menerapkan komponen masyarakat belajar dan bertanya. Bagi guru hendaknya model yang mudah dikenali oleh siswa yang akan digunakan pada saat penerapan komponen pemodelan. Bagi peneliti lain, hendaknya penelitian ini dijadikan sarana pengetahuan dan timbul ide serta gagasan untuk lebih meneliti dalam setiap pelaksanaan pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204151;
dc.subjectPENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTLen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA KPK DAN FPB DI KELAS V SDN KENCONG 05 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record