PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA KPK DAN FPB DI KELAS V SDN KENCONG 05 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Latar belakang dari penelitian tindakan ini berdasarkan hasil observasi awal di
lapangan dan informasi dari wali kelas V SD Negeri Kencong 05 Jember ditemukan
bahwa  kemampuan  siswa  kelas  V  SD  Negeri Kencong  05  Jember  dalam
menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB pada umumnya masih rendah, siswa masih
kesulitan  menyelesaikan  soal  cerita  KPK  dan  FPB,  siswa  kurang  termotivasi  untuk
bertanya, dan siswa masih belum bisa menemukan sendiri suatu konsep Matematika.
Berdasarkan  masalah yang  ditemukan,  salah  satu  strategi  untuk  mengatasi  masalah
pembelajaran adalah menerapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran.
Permasalahan  penelitian  ini  adalah  bagaimanakah  penerapan  pembelajaran
menyelesaikan  soal  cerita yang  berkaitan  dengan  KPK  dan  FPB dengan
menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V
semester  1,  bagaimanakah  aktivitas  belajar  siswa  pada  saat  pembelajaran
menyelesaikan  soal  cerita  yang  berkaitan  dengan  KPK  dan  FPB dengan
menggunakan  pendekatan  kontekstual  pada  siswa  kelas  V  semester  1,  dan
bagaimanakah  hasil  belajar  siswa  setelah  proses  pembelajaran  menyelesaikan  soal
cerita  yang  berkaitan  KPK  dan  FPB dengan mengunakan  pendekatan  kontekstual
pada  siswa  kelas  V  semester  1.  Tujuan  penelitian  ini  adalah mengkaji penerapan
pembelajaran  menyelesaikan  soal  cerita KPK  dan  FPB dengan menggunakan
pendekatan  kontekstual  dapat  meningkatkan  hasil  belajar siswa  kelas  V  semester  1,
menelaah peningkatan aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran menyelesaikan
soal  cerita  KPK  dan  FPB  menggunakan  pendekatan  kontekstual  pada  siswa  kelas  V
semester 1, dan menelaah peningkatan hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB menggunakan pendekatan kontekstual pada
siswa kelas V semester 1.
Penelitian  ini  menggunakan  rancangan  penelitian  tindakan  kelas.  Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru.
Data  penelitian  ini  diperoleh  dari  hasil  observasi, tes,  wawancara,  dan  dokumentasi.
Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif.
Hasil  penelitian  diperoleh  dari  penerapan  pendekatan  kontekstual  dalam
pembelajaran  menyelesaikan  soal  cerita  KPK  dan  FPB.  Melalui  penerapan
pendekatan kontekstual, kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan
FPB meningkat. Keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB
juga  meningkat  yaitu  siswa  mampu  menyelesaikan  soal  cerita  KPK  dan  FPB  dalam
waktu yang lebih cepat dari sebelumnya dan dalam menyelesaikan siswa menuliskan
apa  yang  diketahui,  ditanya,  jawaban  dan  kesimpulan.  Kemampuan  siswa  setelah
mengikuti  pembelajaran  dengan  menggunakan  pendekatan  kontekstual  adalah
meningkat,  tingkat  ketuntasan  siswa  pada  siklus  I  mencapai  74,19%.  Pada siklus  II
meningkat  menjadi  83,87%.  Peningkatan  ketuntasan  siswa  dari  siklus  I  ke  siklus  II
menunjukkan  bahwa  secara  klasikal  penerapan  pendekatan  kontekstual  berhasil
membuat siswa aktif selama pembelajaran berlangsung.
Saran yang ingin disampaikan yaitu bagi guru hendaknya lebih selektif dalam
memiliki  materi yang  akan  diajarkan  dengan  menggunakan  pendekatan  kontekstual
karena  membutuhkan  waktu  yang  relatif  lama  terutama  pada  saat  menerapkan
komponen masyarakat belajar dan bertanya. Bagi guru hendaknya model yang mudah
dikenali oleh siswa yang akan digunakan pada saat penerapan komponen pemodelan.
Bagi peneliti lain, hendaknya penelitian ini dijadikan sarana pengetahuan dan timbul
ide serta gagasan untuk lebih meneliti dalam setiap pelaksanaan pembelajaran.
