PELAKSANAAN ADMINISTRASI PEMBAYARAN JAMINAN PEMELIHARAAN KESEHATAN PADA PT. JAMSOSTEK (PERSERO) KANTOR CABANG JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil kegiatan Praktek Kerja Nyata pada PT. JAMSOSTEK
(Persero) Kantor Cabang Jember khususnya dalam bidang Pelaksanaan
Administrasi Pembayaran Jaminan Pemeliharaan Kesehatan maka penulis
mengambil kesimpulan sebagai berikut :
a. Prosedur Pelaksanaan Administrasi Pembayaran Jaminan Pemeliharaan
Kesehatan adalah sebagai berikut :
1) Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Tingkat 1 yaitu dengan menunjukan
Kartu Pemeiharaan Kesehatan pada PPK Tingkat 1 yang ditunjuk
2) Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Tingkat Lanjutan yaitu dengan
membawa surat rujukan PPK 1 dan Kartu Pemeliharaan Kesehatan
3) Rawat Inap yaitu dengan membawa surat rujukan,surat rawat dokter
dan KPK
4) Pemeriksaan Kehamilan dan Pertolongan Persalinan yaitu dengan
membawa Kartu Pemeliharaan Kesehataan.Pertolongan
5) Pelayanan Khusus yaitu dengan membawa Kartu Pemeliharaan
Kesehatan, surat rujukan dari dokter PPK 1 dan resep asli dokter
spesialis. Pelayanan khusus hanya diperuntukkan bagi tenaga kerja
bukan keluarga
b. Kegiatan dalam Pelaksanaan Administrasi Pembayaran Jaminan Pemeliharaan
Kesehatan yaitu:
1) Mengisi Formulir 1 (Pendaftaran Perusahaan)
2) Mengisi Formulir 1a(Pendaftaran Tenaga Kerja)
3) Mengisi Formulir 1b(Daftar Susunan Keluarga)
4) Membuat Kartu Pemeliharaan Kesehatan
5) Menyusun Rekapitulasi Pembayaran Jaminan Pemeliharaan Kesehatan