ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN ATAS BAURAN RITEL PADA TOKO BUKU GRAMEDIA JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Atas Bauran Ritel
Pada Toko Buku Gramedia Jember”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa
tingkat kepuasan konsumen yang ditunjukkan dengan tingkat kesesuaian antara harapan
konsumen dengan kinerja perusahaan pada factor – factor yang dianggap penting oleh
konsumen dalam memberikan kepuasan pada Toko Buku Gramedia Jember. Factor –
factor tersebut berdasarkan bauran ritel yang terdiri dari variabel produk
(merchandising), harga (price),lokasi (location),promotion (promotion), fasilitas fisik
(physical facility), pelayanan (servise), karyawan (personel).
Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner pada tujuh puluh responden
yang merupakan konsumen Toko Buku Gramedia Jember. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan purposive sampling. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini
adalah Importance – Performance Analysis.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tingkat kesesuaian yang paling tinggi adalah
variabel pelayanan yaitu waktu operasi (jam buka tutup toko) yang cukup dengan nilai
100,42 % dan yang paling rendah dengan fasilitas fisik yaitu tersedianya fasilitas umum
toilet yang memadai dengan nilai 82,35 %.
Pada diagram kartesius importance – performance analysis diperoleh faktor yang
harus menjadi prioritas utama untuk diperhatikan adalah tingkat keragaman buku yang
dijual,tingkat keragaman penerbit buku,kualitas buku yang dijual baik,tingkat
ketersediaan buku, adanya potongan harga pada saat tertentu, lokasi toko yang startegis,
lokasi toko yang mudah dijangkau, display dan poster dalam toko menarik, tingkat
kebersihan toko baik, suhu ruangan,alunan musik dan penerangan memadai,lahan parkir
memadai, wiraniaga ramah dan sopan, kecakapan dan ketrampilan wiraniaga dalam
memberikan pelayanan,dan saat ada yang membutuhkan bantuan wiraniaga tanggap dan
mudah dalam memberikan penjelasan.