ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN KERETA API MUTIARA TIMUR PADA PT. KERETA API (PERSERO) DAOP IX JEMBER
Abstract
Skripsi ini berjudul Analisis Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan
Kereta Api Mutiara Timur Pada PT Kereta Api (Persero) Daop IX Jember. Tujuan
skripsi ini adalah untuk memprediksi probabilitas keputusan konsumen dalam
menggunakan Kereta Api Mutiara Timur dengan menggunakan variabel kualitas
pelayanan yang meliputi keandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti fisik.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
regresi linier model logit. Data yang digunakan berupa data primer hasil kuisioner
kepada pengguna Kereta Api Mutiara Timur. Analisis regresi linier model logit
dilanjutkan dengan uji secara bersama-sama (LR statistik) dan uji secara parsial
(uji t) menggunakan tingkat keyakinan 95% (alpha = 0,05).
Hasil uji secara bersama-sama diperoleh hasil probabilitas LR hitung
sebesar 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05 yang berarti bahwa variabel-variabel
ketanggapan, jaminan, empati dan bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap
keputusan menggunakan Kereta Api Mutiara Timur.
Hasil uji secara parsial diperoleh hasil bahwa variabel keandalan, jaminan,
dan bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan Kereta
Api Mutiara Timur. Sedangkan variabel ketanggapan dan empati secara parsial
tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan Kereta Api
Mutiara Timur.
Hasil uji determinasi diperoleh hasil R
vi
2
sebesar 0,832 yang berarti bahwa
variasi terhadap keputusan menggunakan Kereta Api Mutiara Timur dipengaruhi
oleh perubahan keandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan bukti fisik sebesar
83,20% sedangkan sisanya sebesar 16,8% disebabkan oleh faktor-faktor lain di
luar model..