Show simple item record

dc.contributor.authorSiti Yuliana Margareta
dc.date.accessioned2013-10-30T05:17:07Z
dc.date.available2013-10-30T05:17:07Z
dc.date.issued2013-10-30
dc.identifier.nimNIM070210204162
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1452
dc.description.abstractRendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa merupakan alasan mengapa kita harus merefleksi setiap kegiatan pembelajaran dikelas. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, guru harus berperan aktif untuk menerapkan model dan menggunakan media pembelajaran supaya materi yang dianggap sulit oleh kebanyakan siswa bisa terasa sebaliknya. Dalam penyelesaian soal cerita perkalian dan pembagian, siswa kelas IV SDN Andongsari 06 mengalami kesulitan. Oleh karena itu, penerapan model CIRC disertai media kartu kerja diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan model CIRC dan mengkaji aktivitas serta ketuntasan belajar siswa. Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan model terpadu membaca dan menulis secara kooperatif/kelompok, siswa dibentuk dalam kelompok yang heterogen 5 orang, guru memberikan soal cerita, siswa bekerja sama (salah satu membacakan soal, memahami soal, menyelesaikan soal secara urut, mengedit/merevisi pekerjaan serta mempresentasikannya). Langkah-langkah dalam model tersebut dituliskan dalam kartu kerja yang mengarahkan siswa untuk menemukan penyelesaian secara bertahap. Penelitian bertempat di kelas IV SDN Andongsari 06 Ambulu dengan jumlah siswa yaitu 26 siswa, 15 laki-laki dan 11 perempuan. Data yang dikumpulkan diperoleh dengan cara dokumentasi, observasi serta wawancara. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I berlangsung atas dasar hasil diagnostik dan refleksi yang diperoleh dari tindakan pendahuluan. Siklus II didasarkan atas hasil refleksi yang diperoleh dari siklus I dan dilaksanakan dengan tujuan perbaikan atau pemantapan. Dalam penerapannya, metode dan media tersebut mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar di kelas secara bertahap. Hasil analisis observasi aktivitas siswa selama 4 kali proses pembelajaran menunjukkan bahwa untuk aktivitas kelompok pertemuan I, kelompok aktif sebanyak 80% sisanya sangat aktif, dan berbanding terbalik pada pertemuan II, untuk pertemuan III dan IV semua kelompok 100% berkategori sangat aktif. Mengenai aktivitas secara individu, pertemuan I siswa cukup aktif sebanyak 38%, aktif 8%, sangat aktif 54%. Pertemuan II, 7 siswa (27%) tergolong cukup aktif, aktif sebanyak 4 siswa (15%), dan sisanya 15 siswa (58%) sangat aktif. Pertemuan III jumlah untuk anak yang tergolong cukup aktif berkurang menjadi 3 anak (12%), aktif bertambah menjadi 6 siswa (23%), sangat aktif 17 siswa (65%). Peningkatan aktivitas terus berlanjut pada siklus II yaitu untuk anak yang tergolong cukup aktif menjadi 2 siswa (7,69%), aktif 5 siswa (19,23%), serta sangat aktif menjadi 19 siswa (73,07%) Hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran CIRC disertai media kartu kerja juga mengalami peningkatan. Presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada tes akhir siklus I adalah 76,92% dan pada tes akhir siklus II adalah 88,46% sehingga peningkatan ketuntasan yang terjadi dari siklus I ke siklus II adalah 11,54%. Sebelum dilaksanakan penelitian, siswa yang tergolong tuntas hanya sebesar 34,28% dan peningkatan yang terjadi setelah dilaksanakan penelitian sampai siklus II adalah 54,18%. Sehingga dalam penerapannya, model CIRC disertai media kartu kerja dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Andongsari 06 Ambulu.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204162;
dc.subjectPENERAPAN MODEL CIRCen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL CIRC DISERTAI MEDIA KARTU KERJA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS IV SDN ANDONGSARI 06 AMBULU TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record