• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL CIRC DISERTAI MEDIA KARTU KERJA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS IV SDN ANDONGSARI 06 AMBULU TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI SD_Siti Y. Margareta_001.pdf (66.43Kb)
    Date
    2013-10-30
    Author
    Siti Yuliana Margareta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa merupakan alasan mengapa kita harus merefleksi setiap kegiatan pembelajaran dikelas. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, guru harus berperan aktif untuk menerapkan model dan menggunakan media pembelajaran supaya materi yang dianggap sulit oleh kebanyakan siswa bisa terasa sebaliknya. Dalam penyelesaian soal cerita perkalian dan pembagian, siswa kelas IV SDN Andongsari 06 mengalami kesulitan. Oleh karena itu, penerapan model CIRC disertai media kartu kerja diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan model CIRC dan mengkaji aktivitas serta ketuntasan belajar siswa. Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan model terpadu membaca dan menulis secara kooperatif/kelompok, siswa dibentuk dalam kelompok yang heterogen 5 orang, guru memberikan soal cerita, siswa bekerja sama (salah satu membacakan soal, memahami soal, menyelesaikan soal secara urut, mengedit/merevisi pekerjaan serta mempresentasikannya). Langkah-langkah dalam model tersebut dituliskan dalam kartu kerja yang mengarahkan siswa untuk menemukan penyelesaian secara bertahap. Penelitian bertempat di kelas IV SDN Andongsari 06 Ambulu dengan jumlah siswa yaitu 26 siswa, 15 laki-laki dan 11 perempuan. Data yang dikumpulkan diperoleh dengan cara dokumentasi, observasi serta wawancara. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I berlangsung atas dasar hasil diagnostik dan refleksi yang diperoleh dari tindakan pendahuluan. Siklus II didasarkan atas hasil refleksi yang diperoleh dari siklus I dan dilaksanakan dengan tujuan perbaikan atau pemantapan. Dalam penerapannya, metode dan media tersebut mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar di kelas secara bertahap. Hasil analisis observasi aktivitas siswa selama 4 kali proses pembelajaran menunjukkan bahwa untuk aktivitas kelompok pertemuan I, kelompok aktif sebanyak 80% sisanya sangat aktif, dan berbanding terbalik pada pertemuan II, untuk pertemuan III dan IV semua kelompok 100% berkategori sangat aktif. Mengenai aktivitas secara individu, pertemuan I siswa cukup aktif sebanyak 38%, aktif 8%, sangat aktif 54%. Pertemuan II, 7 siswa (27%) tergolong cukup aktif, aktif sebanyak 4 siswa (15%), dan sisanya 15 siswa (58%) sangat aktif. Pertemuan III jumlah untuk anak yang tergolong cukup aktif berkurang menjadi 3 anak (12%), aktif bertambah menjadi 6 siswa (23%), sangat aktif 17 siswa (65%). Peningkatan aktivitas terus berlanjut pada siklus II yaitu untuk anak yang tergolong cukup aktif menjadi 2 siswa (7,69%), aktif 5 siswa (19,23%), serta sangat aktif menjadi 19 siswa (73,07%) Hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran CIRC disertai media kartu kerja juga mengalami peningkatan. Presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada tes akhir siklus I adalah 76,92% dan pada tes akhir siklus II adalah 88,46% sehingga peningkatan ketuntasan yang terjadi dari siklus I ke siklus II adalah 11,54%. Sebelum dilaksanakan penelitian, siswa yang tergolong tuntas hanya sebesar 34,28% dan peningkatan yang terjadi setelah dilaksanakan penelitian sampai siklus II adalah 54,18%. Sehingga dalam penerapannya, model CIRC disertai media kartu kerja dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Andongsari 06 Ambulu.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1452
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15404]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository