Show simple item record

dc.contributor.authorSULISTYANI, SULISTYANI
dc.date.accessioned2013-10-29T07:30:18Z
dc.date.available2013-10-29T07:30:18Z
dc.date.issued2013-10-29
dc.identifier.nimNIM060210391031
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1446
dc.description.abstractPada dasarnya banyak hal yang mempengaruhi sikap berwirausaha siswa diantaranya kreativitas siswa dan prestasi belajar kewirausahaan. Adanya kreativitas yang dimiliki oleh siswa, dapat mendorong siswa untuk mempunyai mempunyai keberanian mendirikan usaha sendiri setelah mereka lulus. Karena dengan kreativitas yang mereka miliki, mereka dapat menemukan peluang yang ada di masyarakat. Selain itu, di SMK juga di ajarkan kewirausahaan guna mendidik siswa agar siswa mempunyai sikap berwirausaha. Pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 3 Jember lebih banyak praktek dari pada teori sehingga hal tersebut dapat menumbuhkan sikap berwirausaha siswa. Sesuai dengan permasalahan yang ada maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada dan seberapa besar pengaruh yang signifikan dari kreativitas siswa dan prestasi belajar kewirausahaan terhadap sikap berwirausaha siswa kelas XI jurusan tata boga SMK Negeri 3 Jember, dan juga untuk mengetahui variabel manakah diantara kreativitas siswa dan prestasi belajar kewirausahaan yang paling dominan mempengaruhi sikap berwirausaha siswa. Kreativitas adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa untuk menghasilkan dan menemukan sesuatu yang baru bagi dirinya baik berupa gagasan ataupun karya nyata. Sedangkan prestasi belajar kewirausahaan adalah bukti keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar kewirausahaan yang dinyatakan dengan nilai raport. Sikap berwirausaha adalah aspek psikologi yang menunjukkan sikap dan semangat untuk menangkap peluang dan kemampuan mengambil resiko dalam pengelolaan sumber daya. Metode penentuan lokasi penelitian secara metode purposive yaitu ditentukan secara sengaja di SMK Negeri 3 Jember. Penentuan sampel menggunakan Purposive Sample. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik secara regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian membuktikan bahwa kreativitas siswa dan prestasi belajar kewirausahaan secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap sikap berwirausaha siswa kelas XI jurusan tata boga SMK Negeri 3 Jember. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji F, dimana Fhitung > Ftabel yaitu 81,003 > 3,16 dengan taraf signifikansi 0,000ndan koefisien determinasi (R square) sebesar 0,750 atau 75,0 %. Secara parsial diperoleh data bahwa prestasi belajar kewirausahaan (X2) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap sikap berwirausaha siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai hasil uji t, yaitu X1 = 5,175, dan X2 = 5,652. Selain itu juga dapat dilihat melalui proporsi sumbangan dari masing-masing variabel, yaitu kreativitas siswa 35,46% dan prestasi belajar kewirausahaan siswa 39,47. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kreativitas siswa dan prestasi belajar kewirausahaan memberikan kontribusi yang positif terhadap sikap berwirausaha siswa. Hal ini dikarenakan siswa yang mempunyai kreativitas tinggi akan selalu mempunyai ide-ide yang baru dan akan selalu mencari tahu apa yang tidak mereka ketahui sehingga mereka dapat menemukan peluang di masyarakat. Prestasi belajar siswa yang tinggi akan selalu mempraktekkan apa yang mereka dapat di sekolah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210391031;
dc.subjectKreativitas Siswa dan Prestasi Belajar, Kewirausahaan, Sikap Berwirausaha Siswaen_US
dc.titlePENGARUH KREATIVITAS SISWA DAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN TERHADAP SIKAP BERWIRAUSAHA SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Jurusan Tata Boga di SMK Negeri 3 Jember Tahun Ajaran 2010/2011).en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record