PENGARUH LUAS PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Non Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh luas pengungkapan corporate
social responsibility terhadap return saham dan pengaruh luas pengungkapan
corporate social responsibility terhadap return saham dengan kepemilikan manajerial
sebagai variabel moderasi.
Sampel yang digunakan adalah data sekunder dari Bursa Efek Indonesia (BEI)
yang berupa Annual Report perusahaan sektor non keuangan periode 2009-2010.
Sampel yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang
digunakan sebanyak 66 observasi Annual Report perusahaan non keuangan yang
memenuhi kriteria.
Metode statistik menggunakan Analisis Regresi Linear Sederhana dan
Analisis Regresi Linear Berganda, dengan pengujian hipotesis uji determinan (R2)
dan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa luas pengungkapan corporate social
responsibility berpengaruh negatif terhadap return saham, dan kepemilikan
manajerial tidak mampu menjadi variabel moderasi dalam hubungan pengaruh luas
pengungkapan corporate social responsibility terhadap return saham.