ANALISIS FAKTOR KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR KAISAR DI KABUPATEN LUMAJANG
Abstract
Penelitian dengan judul “ Analisis Faktor Keputusan Pembelian Motor
Kaisar di Kabupaten Lumajang “ ini bertujuan :
- Mengetahui variabel mana saja yang menjadi pembeda bagi keputusan
pembelian yang dilakukan oleh masyarakat pembeli maupun bukan pembeli
- Mengetahui tingkat kepentingan antara variabel-variabel diskriminan
- Mengetahui hasil uji akan kemampuan model diskriminan dalam melakukan
klasifikasi responden dengan tepat
Penelitian ini menggunakan metode analisis diskriminan untuk
mengetahui variabel yang mempengaruhi penentu pembelian sepeda motor
Kaisar di kabupaten Lumajang, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan
menyebarkan kuisioner kepada 25 masyarakat pembeli sepeda motor Kaisar dan
25 masyarakat yang tidak membeli sepeda motor kaisar pada dealer PAL motor
Lumajang. Dalam pengambilan sampel ini, kriteria responden ditentukan
berdasarkan perilaku masyarakat dengan penilaian skor terhadap pertanyaan
bauran pemasaran yang disajikan dalam kuisioner.
Variabel-variabel yang diteliti meliputi produk, harga, promosi, saluran
distribusi, physical evidence, personal dan proses