Show simple item record

dc.contributor.authorPUPUT LISTINENGWATI
dc.date.accessioned2013-10-29T02:32:26Z
dc.date.available2013-10-29T02:32:26Z
dc.date.issued2013-10-29
dc.identifier.nimNIM080210204247
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1431
dc.description.abstractPembelajaran Sains di SDN Kerosari 01 Jember dalam mata pelajaran IPA menitikberatkan pada guru sebagai objek aktif dan siswa sebagai objek pasif sehingga pembelajaran didominasi oleh guru yang menyebabkan komunikasi satu arah. berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa mata pelajaran IPA adalah mata pelajaran yang masih dianggap sulit dan kurang menarik, sehingga siswa kurang berminat untuk mempelajarinya. Hai ini dapat terlihat hasil perolehan nilai dari 29 siswa hanya 13 siswa atau 44,83% yang tuntas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diterapkan model SEQIP Berbasis cooperative learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Melalui model SEQIP berbasis cooperative learning, siswa memiliki pengalaman yang bermakna karena siswa melakukan suatu kegiatan diskusi dan percobaan yang memungkinkan mereka untuk menemukan konsep atau prinsip-prinsip (IPA) Ilmu Pengetahuan Alam. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model SEQIP berbasis cooperative learning pada siswa kelas VI semster ganjil tahun ajaran 2011/2012 pokok bahasan konduktor dan isolator panas di SDN Kertosari 01 Jember? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui model SEQIP berbasis cooperative learning pada siswa kelas VI semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 pokok bahasan konduktor dan isolator panas SDN Kertosari 01 Jember? Tujuan penelitian ini adalah (1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model SEQIP berbasis cooperative learning pada siswa kelas VI semster ganjil tahun ajaran 2011/2012 pokok bahasan konduktor dan isolator panas di SDN Kertosari 01 Jember (2) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model SEQIP berbasis cooperative learning pada siswa kelas VI semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 pokok bahasan konduktor dan isolator panas SDN Kertosari 01 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Kertosari 01 Jember tahun ajaran 2011/2012. Data diambil pada tanggal 18 Juli sampai 22 Agustus 2011 dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) penggunaan model SEQIP berbasis cooperative laerning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VI SDN Kertosari 01 Jember pada mata pelajaran IPA. Aktivitas siswa pada siklus 1 pertemuan pertama sebesar 59,19% dan pada pertemuan kedua sebesar 66,67%. Berdasarkan data di atas aktivitas belajar siswa pada siklus 1 meningkat sebesar 7,48%. Pada siklus 2 aktivitas siswa sebesar 87,58%. Dari aktivitas siswa pada siklus 1 kesiklus 2 mengalami peningkatan sebesar 20,91%. (2) Hasil belajar siswa sebelum tindakan belum dikatakan tuntas karena dari 29 siswa hanya 13 siswa yang tuntas (44,83%) sementara 16 siswa dinyatakan belum tuntas (55,17%). Hasil belajar siswa pada siklus 1 yang dinyatakan tuntas sebanyak 24 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 5 siswa dengan prosentase ketuntasan sebesar (82,76%). Pada pembelajaran siklus 2 siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 27 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa dengan prosentase ketuntasan sebesar (93,10%). Berdasarkan data hasil belajar pada siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 10,34%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204247;
dc.subjectCOOPERATIVE LEARNINGen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL SEQIP BERBASIS COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS VI SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2011/2012 POKOK BAHASAN KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS SDN KERTOSARI 01 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record