Show simple item record

dc.contributor.authorMashudi
dc.date.accessioned2013-10-29T01:53:59Z
dc.date.available2013-10-29T01:53:59Z
dc.date.issued2013-10-29
dc.identifier.nimNIM080210204096
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1425
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah dan siswa duduk, diam, dengar, catat dan hafal tanpa adanya kegiatan dalam pembelajaran IPA, dan guru juga jarang menggunakan media yang telah disediakan. Pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga pembelajaran cenderung membosankan dan hanya sebagai proses transfer pengetahuan dari guru kepada siswa, cara ini membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan terlihat hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA melalui metode diskusi kelompok menggunakan program Microsoft powerpoint pada siswa kelas VI SDN Curahnongko 02 Jember; (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA melalui metode diskusi kelompok menggunakan program Microsoft powerpoint pada siswa kelas VI SDN Curahnongko 02 Jember. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA melalui metode diskusi kelompok menggunakan program Microsoft powerpoint pada siswa kelas VI SDN Curahnongko 02 Jember; (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA metode diskusi kelompok dengan menggunakan program Microsoft powerpoint pada siswa kelas VI SDN Curahnongko 02 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Curahnongko 02 Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Pada setiap siklus yang dilakukan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Dari analisis data hasil penelitian untuk aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa klasikal dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I, aktivitas siswa mencapai 65,44% dan berada pada kategori aktif. Pada Siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 68,87% dan berada pada kategori aktif. Dari analisis hasil belajar diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar klasikal siklus I sebesar 76,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,3%. Dari hasil analisis tersebut terlihat persentase pada setiap siklus mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah sekolah hendaknya memberikan fasilitas atau media pembelajaran yang mendukung bagi guru dan siswa. Memberikan masukan untuk guru agar lebih meningkatkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar lebih inovatif lagi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204096;
dc.subjectMETODE DISKUSI KELOMPOKen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK MENGGUNAKAN PROGRAM MICROSOFT POWERPOINT PADA SISWA KELAS VI SDN CURAHNONGKO 02 TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record