Show simple item record

dc.contributor.authorYuyun Ismiyati
dc.date.accessioned2014-01-13T05:40:45Z
dc.date.available2014-01-13T05:40:45Z
dc.date.issued2014-01-13
dc.identifier.nimNIM080210204089
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14137
dc.description.abstractPada umumnya pembelajaran di SDN Slawu 03 masih mengandalkan metode ceramah. Dalam metode ceramah guru kurang memberi kesempatan yang besar kepada siswa untuk menggali dan menemukan kebenaran konsep IPA. Siswa hanya mendengarkan penjelasan guru dan hanya menghafal materi yang diberikan oleh guru melalui metode ceramah. Guru bersifat sebagai transfer of knowledge dan transfer of information saja tanpa memperhatikan konsepsi awal siswa yang diperoleh pengetahuan berdasarkan pengalaman sehari-hari. Siswa hanya menerima informasi yang disampaikan oleh guru, sedangkan guru kurang memperhatikan proses asimilasi informasi dalam diri siswa, apakah struktur kognitif siswa (konsepsi awal siswa) tersebut telah sesuai dengan informasi baru yang disampaikan guru atau malah sebaliknya. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar IPA siswa khususnya siswa kelas IV. Oleh karena itu guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. Strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan teknik peta konsep, karena dapat menunjukkan secara visual berbagai jalan yang dapat ditempuh dalam menghubungkan pengertian konsep di dalam permasalahanya. Peta konsep yang dibuat siswa dapat membantu guru untuk mengetahui konsep yang salah (misconception) yang dimiliki siswa dan untuk memperkuat pemahaman konseptual guru sendiri dan disiplin ilmunya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar IPA dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan teknik peta konsep siswa kelas IV semester gasal SDN Slawu 03 Jember pada materi Alat Indra Manusia?, (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan teknik peta konsep siswa kelas IV semester gasal SDN Slawu 03 Jember pada materi Alat Indra Manusia?. Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar IPA dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan teknik peta konsep siswa kelas IV semester gasal SDN Slawu 03 Jember pada materi Alat Indra Manusia, (2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan teknik peta konsep siswa kelas IV semester gasal SDN Slawu 03 Jember pada materi Alat Indra Manusia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Slawu 03 Jember yang terdiri dari 40 siswa. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 6 Desember 2010 sampai dengan 16 Desember 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Slawu 03 Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian tes individu. Pada siklus I, persentase aktivitas siswa sebesar 49,06%, sedangkan hasil belajar siswa mencapai 64,38% dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 62,50%. Pada siklus II, persentase aktivitas siswa sebesar 68,44%, sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 76,13%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 92,50% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Slawu 03 Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan alat indra manusia. Peningkatan aktivitas siswa sebesar 19,38%. Peningkatan persentase hasil belajar sebesar 11,75% dan ketuntasannya sebesar 30,00%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204089;
dc.subjectHASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TEKNIK PETA KONSEP SISWA KELAS IV SEMESTER GASAL SDN SLAWU 03 JEMBER POKOK BAHASAN ALAT INDRA MANUSIAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record