PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TEKNIK PETA KONSEP SISWA KELAS IV SEMESTER GASAL SDN SLAWU 03 JEMBER POKOK BAHASAN ALAT INDRA MANUSIA
Abstract
Pada umumnya pembelajaran di SDN Slawu 03 masih mengandalkan
metode ceramah. Dalam metode ceramah guru kurang memberi kesempatan yang
besar kepada siswa untuk menggali dan menemukan kebenaran konsep IPA. Siswa
hanya mendengarkan penjelasan guru dan hanya menghafal materi yang diberikan
oleh guru melalui metode ceramah. Guru bersifat sebagai transfer of knowledge dan
transfer of information saja tanpa memperhatikan konsepsi awal siswa yang diperoleh
pengetahuan berdasarkan pengalaman sehari-hari. Siswa hanya menerima informasi
yang disampaikan oleh guru, sedangkan guru kurang memperhatikan proses asimilasi
informasi dalam diri siswa, apakah struktur kognitif siswa (konsepsi awal siswa)
tersebut telah sesuai dengan informasi baru yang disampaikan guru atau malah
sebaliknya. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar IPA siswa
khususnya siswa kelas IV. Oleh karena itu guru harus membantu siswa untuk
mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran
yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa.
Strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan teknik peta konsep,
karena dapat menunjukkan secara visual berbagai jalan yang dapat ditempuh dalam
menghubungkan pengertian konsep di dalam permasalahanya. Peta konsep yang
dibuat siswa dapat membantu guru untuk mengetahui konsep yang salah
(misconception) yang dimiliki siswa dan untuk memperkuat pemahaman konseptual
guru sendiri dan disiplin ilmunya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1)
bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar IPA dengan penerapan strategi
pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan teknik peta konsep siswa kelas IV semester gasal SDN Slawu 03 Jember pada materi Alat Indra Manusia?, (2)
bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA dengan penerapan strategi pembelajaran
kooperatif tipe STAD dengan teknik peta konsep siswa kelas IV semester gasal SDN
Slawu 03 Jember pada materi Alat Indra Manusia?. Berdasarkan Rumusan Masalah
tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan
peningkatan aktivitas belajar IPA dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif
tipe STAD dengan teknik peta konsep siswa kelas IV semester gasal SDN Slawu 03
Jember pada materi Alat Indra Manusia, (2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar IPA dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan
teknik peta konsep siswa kelas IV semester gasal SDN Slawu 03 Jember pada materi
Alat Indra Manusia.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Slawu 03 Jember yang terdiri
dari 40 siswa. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya
adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 6 Desember 2010 sampai dengan 16
Desember 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Slawu 03 Jember. Data
yang dikumpulkan berupa penilaian tes individu.
Pada siklus I, persentase aktivitas siswa sebesar 49,06%, sedangkan hasil
belajar siswa mencapai 64,38% dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 62,50%.
Pada siklus II, persentase aktivitas siswa sebesar 68,44%, sedangkan hasil belajar
siswa secara klasikal mencapai 76,13%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar
92,50% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
SDN Slawu 03 Jember.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan alat indra manusia. Peningkatan
aktivitas siswa sebesar 19,38%. Peningkatan persentase hasil belajar sebesar 11,75%
dan ketuntasannya sebesar 30,00%.