PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE BLACKBERRY OLEH MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Penelitian ini termasuk jenis confirmatory research dan sekaligus
penelitian penjelasan (explanatory research) dengan menggunakan metode survai.
Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi UNEJ yang
masih aktif hingga tahun ajaran 2013 dan yang berperan sebagai pengambil
keputusan pembelian handphone BlackBerry serta masih menggunakan nya.
Pengambilan sampel dari penelitian ini menggunakan metode purposive sampling.
Cara pembagian jumlah responden menggunakan teknik disproporsional
sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan
sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kusioner pada 100
responden. Data sekunder diperoleh dari tinjauan penelitian sebelumnya dan
buku-buku yang mendukung. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi
dengan pendekatan konfirmatori untuk mengetahui apakah indikator-indikator
diferensiasi produk dan gaya hidup merupakan pembentuk variabel diferensiasi
produk dan gaya hidup yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel diferensiasi produk yang
terdiri dari bentuk, keistimewaan, mutu kinerja dan gaya berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian. Begitu pula dengan variabel gaya hidup
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil penelitian
tersebut dapat dijelaskan bahwa apabila persepsi konsumen akan diferensiasi
produk dan gaya hidup meningkat maka akan meningkatkan keputusan pembelian
konsumen, dan apabila sebaliknya, persepsi konsumen akan diferensiasi produk
dan gaya hidup menurun maka akan menurunkan keputusan pembelian konsumen
akan produk tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
kedua faktor tersebut berpengaruh signifikan.