Show simple item record

dc.contributor.authorIhwan Riskya Putra
dc.date.accessioned2013-10-25T01:55:12Z
dc.date.available2013-10-25T01:55:12Z
dc.date.issued2013-10-25
dc.identifier.nimNIM070210204148
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1407
dc.description.abstractMembaca merupakan kegiatan/aktifitas untuk memahami ide atau gagasan yang tersirat dalam sebuah bacaan yang melibatkan beberapa komponen ketrampilan berbahasa. Membaca cepat adalah sistem membaca dengan memperhitungkan waktu baca dan tingkat pemahaman terhadap bahan yang dibacanya.Penerapan kecepatan efektif membaca merupakan metode yang harus dipelajari dan dikuasai oleh siswa agar mampu membaca lebih cepat sekaligus memahami semua yang terkandung di dalam bacaan yang bersangkutan. Penelitian membaca cepat ini pada pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Kepatihan 3 kelas IV, mengamati masalah - masalah yang meliputi: (1) kecepatan membaca siswa kurang dalam membaca cerita pendek, (2) kurangnya kemampuan siswa memahami isi teks bacaan, (3) kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran membaca.Berdasarkan masalah tersebut,untuk memperbaiki proses pembelajaran membaca cepat dipilihlah alternative perbaikan dengan menggunakan teknik kecepatan efektif membaca ( KEM ). Untuk memberikan gambaran secara jelas mengenai arah penelitian, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut. (1) Bagaimanakah proses penerapan kecepatan efektif membaca yang dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat dalam menemukan gagasan utama sebuah cerita pendek pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember tahun ajaran 2011 – 2012. (2) Bagaimanakah peningkatkan aktivitas belajar membaca cepat dalam menemukan gagasan utama sebuah cerita pendek pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember tahun ajaran 2011 – 2012 setelah diterapkan kecepatan efektif membaca. (3) Bagaimanakah peningkatkan ketuntasan hasil belajar membaca cepat dalam menemukan gagasan utama sebuah cerita pendek pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember tahun ajaran 2011 – 2012 setelah diterapkan kecepatan efektif membaca? Sesuai dengan rumusan masalah tersebut,maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut.(1) Untuk mengetahui proses penerapan kecepatan efektif membaca yang dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat dalam menemukan gagasan utama sebuah cerita pendek pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember tahun ajaran 2011 – 2012.(2) Untuk meningkatkan aktivitas belajar dalam pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan kecepatan efektif membaca pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember tahun ajaran 2011 – 2012. (3) Untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar dalam pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan kecepatan efektif membaca pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember tahun ajaran 2011 – 2012 Untuk menjawab rumusan masalah tersebut diperlukan metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember yang berjumlah 43 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan proses analisis data penelitian ini berpedoman pada langkah-langkah analisis data penelitian kualitatif Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan Aktivitas belajar siswa membaca cepat dan menemukan gagasan utama sebuah cerpen dengan menerapkan kecepatan efektif membaca pada siswa kelas 4 SDN Kepatihan 3 Jember tahun pelajaran 2011/2012 menunjukkan adanya peningkatan Pada siklus I, Persentase aktivitas siswa sebesar 71% dalam kategori baik sedangkan aktivitas siswa berdasarkan pada siklus II, Persentase aktivitas siswa sebesar 90% dalam kategori sangat baik Hasil belajar Pada siklus I, siswa yang tergolong tuntas berjumlah 23 siswa atau 60% siswa yang tuntas secara klasikal pada siklus I .nilai rata-rata secara klasikal 73.Pada siklus II, hasil belajar siswa yang tergolong tuntas berjumlah 33 siswa atau sebesar 77 % yang tuntas secara klasikal pada siklus II dengan nilai rata- rata secara klasikal sebesar 83en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204148;
dc.subjectKecepatan Efektif Membacaen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DENGAN MENGGUNAKAN KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA DALAM MENEMUKAN GAGASAN UTAMA CERITA PENDEK SISWA KELAS 4 SDN KEPATIHAN 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record