dc.description.abstract | Membaca merupakan kegiatan/aktifitas untuk memahami ide atau gagasan
yang tersirat dalam sebuah bacaan yang melibatkan beberapa komponen ketrampilan
berbahasa. Membaca cepat adalah sistem membaca dengan memperhitungkan waktu
baca dan tingkat pemahaman terhadap bahan yang dibacanya.Penerapan kecepatan
efektif membaca merupakan metode yang harus dipelajari dan dikuasai oleh siswa
agar mampu membaca lebih cepat sekaligus memahami semua yang terkandung di
dalam bacaan yang bersangkutan. Penelitian membaca cepat ini pada pelajaran
Bahasa Indonesia di SDN Kepatihan 3 kelas IV, mengamati masalah - masalah yang
meliputi: (1) kecepatan membaca siswa kurang dalam membaca cerita pendek, (2)
kurangnya kemampuan siswa memahami isi teks bacaan, (3) kurangnya perhatian
siswa terhadap pembelajaran membaca.Berdasarkan masalah tersebut,untuk
memperbaiki proses pembelajaran membaca cepat dipilihlah alternative perbaikan
dengan menggunakan teknik kecepatan efektif membaca ( KEM ).
Untuk memberikan gambaran secara jelas mengenai arah penelitian, maka
dirumuskan permasalahan sebagai berikut. (1) Bagaimanakah proses penerapan
kecepatan efektif membaca yang dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat
dalam menemukan gagasan utama sebuah cerita pendek pada siswa kelas IV SDN
Kepatihan 3 Jember tahun ajaran 2011 – 2012. (2) Bagaimanakah peningkatkan
aktivitas belajar membaca cepat dalam menemukan gagasan utama sebuah cerita
pendek pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember tahun ajaran 2011 – 2012
setelah diterapkan kecepatan efektif membaca. (3) Bagaimanakah peningkatkan
ketuntasan hasil belajar membaca cepat dalam menemukan gagasan utama sebuah cerita pendek pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember tahun ajaran 2011 –
2012 setelah diterapkan kecepatan efektif membaca?
Sesuai dengan rumusan masalah tersebut,maka tujuan penelitian ini adalah
sebagai berikut.(1) Untuk mengetahui proses penerapan kecepatan efektif membaca
yang dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat dalam menemukan gagasan
utama sebuah cerita pendek pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember tahun
ajaran 2011 – 2012.(2) Untuk meningkatkan aktivitas belajar dalam pembelajaran
membaca cepat dengan menggunakan kecepatan efektif membaca pada siswa kelas
IV SDN Kepatihan 3 Jember tahun ajaran 2011 – 2012. (3) Untuk meningkatkan
ketuntasan hasil belajar dalam pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan
kecepatan efektif membaca pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember tahun
ajaran 2011 – 2012
Untuk menjawab rumusan masalah tersebut diperlukan metode yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian adalah
siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember yang berjumlah 43 siswa. Instrumen yang
digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan proses analisis data penelitian ini berpedoman pada
langkah-langkah analisis data penelitian kualitatif
Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan Aktivitas belajar siswa
membaca cepat dan menemukan gagasan utama sebuah cerpen dengan menerapkan
kecepatan efektif membaca pada siswa kelas 4 SDN Kepatihan 3 Jember tahun
pelajaran 2011/2012 menunjukkan adanya peningkatan Pada siklus I, Persentase
aktivitas siswa sebesar 71% dalam kategori baik sedangkan aktivitas siswa
berdasarkan pada siklus II, Persentase aktivitas siswa sebesar 90% dalam kategori
sangat baik Hasil belajar Pada siklus I, siswa yang tergolong tuntas berjumlah 23
siswa atau 60% siswa yang tuntas secara klasikal pada siklus I .nilai rata-rata secara
klasikal 73.Pada siklus II, hasil belajar siswa yang tergolong tuntas berjumlah 33
siswa atau sebesar 77 % yang tuntas secara klasikal pada siklus II dengan nilai rata-
rata secara klasikal sebesar 83 | en_US |