• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PETA LINGKUNGAN SETEMPAT DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA SISWA KELAS IVB SDN MANGLI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi PDF_Erma Wisudiyawati_001.pdf (703.8Kb)
    Date
    2013-10-24
    Author
    Erma Wisudiyawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang rendah menjadi masalah yang diangkat dan ingin diselesaikan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil observasi diawal penelitian (pra-siklus), nampak dalam pembelajaran aktivitas belajar siswa yang masih rendah; siswa tidak memperhatikan penjelasan guru; siswa tidak berani bertanya dan menjawab pertanyaan; siswa jarang dibentuk dalam kelompok kecil untuk mendiskusikan masalah dan merumuskan gagasan sendiri; serta siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Hasil belajar siswa yang rendah dilihat dari nilai ulangan harian pada mata pelajaran IPS, diperoleh data bahwa siswa yang tuntas belum mencapai separuh dari jumlah siswa di kelas (belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal). Faktor penyebab masalah di atas adalah pemilihan dan penerapan pendekatan pembelajaran yang kurang membangkitkan aktivitas belajar siswa. Sehingga diperlukan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut, hal ini dapat dilakukan dengan mengimplementasikan model pembelajaran yang inovatif, salah satunya Model Cooperative Learning teknik Two Stay Two Stray (TSTS). Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan Model Cooperative Learning teknik Two Stay Two Stray (TSTS) pada mata pelajaran IPS dengan pokok bahasan Peta Lingkungan Setempat. Manfaat yang ingin diperolah, siswa diharapkan menjadi lebih aktif dalam belajar dan sebagai bahan masukan bagi tenaga pendidik dalam menentukan pendekatan pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Mangli 01 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode populasi, yaitu di kelas IVB dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa jawaban siswa terhadap tes akhir siklus (pos-test) I dan tes akhir siklus (pos-test) II. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aspek aktivitas pada siklus I menunjukkan memperhatikan pelajaran 70,83%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 66,67%, diskusi dalam kelompok 67,71%, semangat dalam pelajaran 63,54%; sampai pelajaran siklus II aspek aktivitas mengalami peningkatan, memperhatikan pelajaran 72,92%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 78,12%, diskusi dalam kelompok 78,12%, dan semangat dalam pelajaran 81,25%. Pada siklus I secara keseluruhan didapat persentase aktivitas belajar siswa sebesar 67,19% dengan kriteria aktivitas cukup aktif, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,41% menjadi 77,6%, dalam hal ini aktivitas siswa tergolong aktif. Kemudian hasil analisis ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari tes akhir (pos-test) pada siklus I secara klasikal menunjukkan bahwa dari 32 siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa dan tidak tuntas 13 siswa diperoleh persentase sebesar 59,37% dengan kriteria belum tuntas, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan secara klasikal bahwa dari 32 siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa dan tidak tuntas 8 siswa dengan persentase peningkatan sebesar 15,63% menjadi 75%. Sesuai dengan kriteria ketuntasan,
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1397
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository