PROSPEK PENGEMBANGAN DAN STRATEGI PEMASARAN KOMODITAS KOPI ROBUSTA RAKYAT DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Prospek pengembangan
Kopi Robusta di Kabupaten Jember, (2) Strategi pemasaran Kopi Robusta di
Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Lokasi
penelitian ditentukan secara sengaja (Purposive Method). Metode pengambilan
contoh dalam penelitian ini adalah Area Sampling atau Sampel Wilayah. Untuk
menentukan jumlah sampel digunakan formulasi Slovin, kemudian responden
dipilih berdasarkan metode Simple Random Sampling. Alat analisis yang
digunakan adalah analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dan
menggunakan metode deskriptif.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Strategi pengembangan usahatani
kopi robusta rakyat di Kabupaten Jember di masa yang akan datang dapat
dilakukan dengan strategi pada posisi white area yaitu menciptakan strategi yang
menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang dengan peningkatan
pertumbuhan dan keuntungan (Growt and Profitability). (2) Strategi pemasaran
kopi robusta di Kabupaten Jember menggunakan bauran pemasaran, yang terdiri
dari produk, harga, tempat pemasaran dan promosi. Produk yang dihasilkan
memiliki keunggulan biji besar dan sudah melakukan olah basah. Harga yang
diterapkan adalah harga yang telah ditetapkan oleh pengepul. Produk kopi
dihasilkan hampir di semua kecamatan di Kabupaten Jember. Pemasaran
dilakukan pada toko-toko atau warung-warung yang di dalam maupun luar kota.
Promosi yang dilakukan adalah dengan menggunakan personal selling ataupun
melalui website.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4325]