Show simple item record

dc.contributor.authorDinna Ratnawati
dc.date.accessioned2013-10-23T03:01:48Z
dc.date.available2013-10-23T03:01:48Z
dc.date.issued2013-10-23
dc.identifier.nimNIM070210204114
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1391
dc.description.abstractProses pembelajaran IPS di SDN Sumberagung 01 Banyuwangi masih dilaksanakan secara konvensional dengan menggunakan metode ceramah. Pembelajaran yang dilakukan mengakibatkan penurunan aktivitas dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe IOC merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang memberi kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan kerjasama dalam kelompoknya, melatih siswa dalam berpikir kritis, membantu siswa dalam memahami materi yang diberikan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle pada mata pelajaran IPS materi pokok jenis pekerjaan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumberagung 01 Banyuwangi Tahun Ajaran 2010/2011?; (2) bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle pada mata pelajaran IPS materi pokok jenis pekerjaan siswa kelas III SDN Sumberagung 01 Banyuwangi Tahun Ajaran 2010/2011?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle pada mata pelajaran IPS materi pokok jenis pekerjaan siswa kelas III SDN Sumberagung 01 Banyuwangi Tahun Ajaran 2010/2011; (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle pada mata pelajaran IPS materi pokok jenis pekerjaan siswa kelas III SDN Sumberagung 01 Banyuwangi Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Sumberagung 01 Banyuwangi kelas III yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi, wawancara. Desain penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Peningkatan aktivitas siswa pada tiap siklus sebagai berikut: (1) memperhatikan penjelasan guru prosentasenya sebesar 65% dan meningkat menjadi 73,33%;(2) mendengarkan uraian guru atau teman prosentasenya sebesar 56,67% dan meningkat menjadi 64,17%;(3) berdiskusi atau bertukar informasi dengan teman prosentasenya 65% dan meningkat menjadi 75% ;(4) mengingat materi dan memecahkan soal prosentasenya sebesar 59,17% dan meningkat menjadi 68,33%; (5) minat dan emosional siswa selama pembelajaran menperoleh prosentase sebesar 61,67 % dan meningkat menjadi 69,17%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 78,33% pada siklus pertama meningkat menjadi sebesar 86,67%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe IOC siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi pokok jenis pekerjaan. Saran yang diberikan adalah persiapan yang dilakukan dalam menerapkan IOC harus lebih diperhatikan, dan IOC dapat dijadikan sebagai latihan membiasakan siswa dalam menyampaikan gagasan atau pendapat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204114;
dc.subjectINSIDE OUTSIDE CIRCLEen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN SUMBERAGUNG 01 BANYUWANGI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIALen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record