• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN SUMBERAGUNG 01 BANYUWANGI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Dinna Ratnawati_001.pdf (114.5Kb)
    Date
    2013-10-23
    Author
    Dinna Ratnawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran IPS di SDN Sumberagung 01 Banyuwangi masih dilaksanakan secara konvensional dengan menggunakan metode ceramah. Pembelajaran yang dilakukan mengakibatkan penurunan aktivitas dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe IOC merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang memberi kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan kerjasama dalam kelompoknya, melatih siswa dalam berpikir kritis, membantu siswa dalam memahami materi yang diberikan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle pada mata pelajaran IPS materi pokok jenis pekerjaan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumberagung 01 Banyuwangi Tahun Ajaran 2010/2011?; (2) bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle pada mata pelajaran IPS materi pokok jenis pekerjaan siswa kelas III SDN Sumberagung 01 Banyuwangi Tahun Ajaran 2010/2011?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle pada mata pelajaran IPS materi pokok jenis pekerjaan siswa kelas III SDN Sumberagung 01 Banyuwangi Tahun Ajaran 2010/2011; (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle pada mata pelajaran IPS materi pokok jenis pekerjaan siswa kelas III SDN Sumberagung 01 Banyuwangi Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Sumberagung 01 Banyuwangi kelas III yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi, wawancara. Desain penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Peningkatan aktivitas siswa pada tiap siklus sebagai berikut: (1) memperhatikan penjelasan guru prosentasenya sebesar 65% dan meningkat menjadi 73,33%;(2) mendengarkan uraian guru atau teman prosentasenya sebesar 56,67% dan meningkat menjadi 64,17%;(3) berdiskusi atau bertukar informasi dengan teman prosentasenya 65% dan meningkat menjadi 75% ;(4) mengingat materi dan memecahkan soal prosentasenya sebesar 59,17% dan meningkat menjadi 68,33%; (5) minat dan emosional siswa selama pembelajaran menperoleh prosentase sebesar 61,67 % dan meningkat menjadi 69,17%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 78,33% pada siklus pertama meningkat menjadi sebesar 86,67%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe IOC siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi pokok jenis pekerjaan. Saran yang diberikan adalah persiapan yang dilakukan dalam menerapkan IOC harus lebih diperhatikan, dan IOC dapat dijadikan sebagai latihan membiasakan siswa dalam menyampaikan gagasan atau pendapat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1391
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository