Show simple item record

dc.contributor.authorDIDIN AYU SAMITRA
dc.date.accessioned2013-10-23T02:40:50Z
dc.date.available2013-10-23T02:40:50Z
dc.date.issued2013-10-23
dc.identifier.nimNIM070210204104
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1389
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDIT Harapan Umat Jember. Hal ini disebabkan pada proses pembelajaran yang umumnya menggunakan metode ceramah dan kurangnya media pembelajaran untuk membantu mengkongkritkan materi abstrak, sehingga siswa cenderung menghafal materi pembelajaran yang diberikan. Video pembelajaran merupakan media yang representatif dalam menjawab permasalahan ini. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan pembelajaran IPA dengan model quantum teaching melalui video pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan merumuskan masalah bagaimana peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran quantum teaching melalui video pembelajaran pokok bahasan daur hidup hewan pada siswa kelas IV SDIT Harapan Umat Jember. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran tersebut. Penerapan model pembelajaran quantum teaching melalui video pembelajaran IPA adalah penerapan model pembelajaran dengan 6 kerangka pembelajarannya TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan) serta memperhatikan lingkungan belajar siswa (penataan lingkungan sekeliling, pengaturan bangku, penggunaan alat bantu dan menghadirkan musik agar lebih memotivasi siswa dalam belajar) dengan memanfaatkan media video sebagai penunjang pembelajaran IPA dalam menyampaikan materi daur hidup hewan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 19-26 September 2011. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2, siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan dan siklus 2 dengan 1 pertemuan. Metode pengambilan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan tes. Data yang diambil dari hasil observasi adalah data aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan data yang diambil dari tes adalah data tentang skor ketuntasan hasil belajar siswa. Data yang telah diambil, dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu aktivitas siswa selama pembelajaran meliputi antusiasme dalam belajar siklus I sebesar 100% berada pada kriteria sangat aktif sedangkan pada siklus II adalah 100% berada pada kriteria sangat aktif, aktivitas bertanya dan mengajukan pendapat pada siklus I sebesar 37,9% sedangkan pada siklus II adalah 32,1%, aktivitas memperhatikan video pembelajaran pada siklus I adalah 100% berada pada kriteria sangat aktif dan pada siklus II adalah 100% berada pada kriteria sangat aktif; aktivitas mengerjakan LKS siklus I adalah 100% berada pada kriteria sangat aktif demikian juga pada siklus II adalah 100% berada pada kriteria sangat aktif dan aktivitas presentasi 67,2% pada siklus I dan pada siklus II adalah 46,4%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada prasiklus 28%, 48% untuk siklus I dan 82% untuk siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan pembelajaran, aktivitas dan hasil belajar pada materi daur hidup hewan. Saran-saran yang dapat diberikan: bagi guru, berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran dengan model quantum teaching melalui video pembelajaran IPA mengalami peningkatan, maka pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran IPA sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204104;
dc.subjectQUANTUM TEACHINGen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN DAUR HIDUP HEWAN PADA SISWA KELAS IV SDIT HARAPAN UMAT JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record