Show simple item record

dc.contributor.authorDIAH KURNIA YULIANTI
dc.date.accessioned2013-10-23T02:38:06Z
dc.date.available2013-10-23T02:38:06Z
dc.date.issued2013-10-23
dc.identifier.nimNIM080210204311
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1388
dc.description.abstractPeningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS Di SDN Bintoro 01 Jember Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw. Diah Kurnia Yulianti; NIM 080210204311; 2011; 64 Halaman; Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi S1 Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeritas Jember. Mata pelajaran IPS merupakan perpaduan konsep-konsep ilmu sosial, ini menyebabkan penyampaian dan penerimaan siswa dalam pembelajaran mengalami kendala-kendala, hal ini disebabkan karena sebagian besar dari guru lebih sering menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan kurang menggunakan model pembelajaran yang lain yang lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi pelajaran di sekolah. Guru masih beranggapan bahwa pembelajaran IPS hanya bersifat hafalan, sehingga hanya cukup dengan membaca, menulis, menerangkan, dan mengerjakan soal. SD Negeri Bintoro 01 merupakan salah satu lembaga pendidikan tingkat dasar yang terletak di Kecamatan Patrang Kabupaten Jember yang masih mengunakan metode ceramah. Berdasarkan hasil obsevasi dan wawancara dengan guru IPS di SDN Bintoro 01 dapat diperoleh rumusan masalah yaitu : 1). bagaimana proses penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pelajaran IPS kelas V di SDN Bintoro 01 Jember ? 2). bagaimana aktivitas belajar siswa dapat meningkat dari rendah menjadi tinggi setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw di SDN Bintoro 01 Jember ? 3). bagaimana hasil belajar siswa dapat meningkat sampai memenuhi kriteria ketuntasan minimal setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw di SDN Bintoro 01 Jember ? Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah : 1). Penerapan model kooperatif teknik Jigsaw dalam rangka meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS kelas V di SDN Bintoro 01 Jember. 2). meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model kooperatif teknik Jigsaw, pada pelajaran IPS kelas V di SDN Bintoro 01 Jember. 3). meningkatkan hasil belajar siswa sampai memenuhi kriteria ketuntasan minimal melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw, pada pelajaran IPS kelas V di SDN Bintoro 01 Jember. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw. Penelitian ini menggunakan desain model Hopkins dengan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data-data dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, test, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan peneliti dibantu oleh 3 orang observer. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Hasil observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, diketahui pada ketercapaian indikator Visual Activities pada siklus I sebesar 84,5 pada siklus II 88,1. Pada Oral Activities siklus I sebesar 63,0 pada siklus II 65,5. Pada Listening Activities siklus I sebesar 69,0 pada siklus II 76,2. Pada Writing Activities siklus I sebesar 65,5 pada siklus II 70,2. Pada Mental Activities siklus I sebesar 66,7 pada siklus II 80,9. Sedangkan persentase pada hasil belajar diketahui bahwa siswa yang tergolong dalam kategori tuntas pada siklus I sebesar 67,9% sedangkan pada siklus II mencapai 82,1% dengan demikian kategori hasil belajar siswa yang tergolong tuntas mengalami peningkatan sebesar 14,2%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS materi pokok peninggalan sejarah Hindu-Budha dan Islam di SDN Bintoro 01 Kecamatan Patrang kabupaten Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080 210 204 311;
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAWen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN BINTORO 01 JEMBER MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAWen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record