PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN BINTORO 01 JEMBER MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW
Abstract
Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS Di 
SDN  Bintoro  01  Jember  Melalui  Penerapan  Model  Pembelajaran  Kooperatif  Teknik 
Jigsaw.  Diah Kurnia Yulianti; NIM 080210204311; 2011; 64 Halaman; Jurusan Ilmu 
Pendidikan  Program  Studi  S1  Pendidikan  Sekolah  Dasar  Fakultas  Keguruan  Dan 
Ilmu Pendidikan Univeritas Jember. 
 
Mata  pelajaran  IPS  merupakan  perpaduan  konsep-konsep  ilmu  sosial,  ini 
menyebabkan  penyampaian  dan  penerimaan  siswa  dalam  pembelajaran  mengalami 
kendala-kendala,  hal  ini  disebabkan  karena  sebagian  besar  dari  guru  lebih  sering 
menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan kurang 
menggunakan  model  pembelajaran  yang  lain  yang  lebih  kreatif  dan  inovatif  dalam 
menyampaikan  materi  pelajaran  di  sekolah.  Guru  masih  beranggapan  bahwa  
pembelajaran  IPS  hanya  bersifat  hafalan,  sehingga  hanya  cukup  dengan  membaca, 
menulis, menerangkan, dan mengerjakan soal.  
SD Negeri Bintoro 01 merupakan salah satu lembaga pendidikan tingkat dasar 
yang  terletak  di  Kecamatan  Patrang  Kabupaten  Jember  yang  masih  mengunakan 
metode  ceramah.  Berdasarkan  hasil  obsevasi  dan  wawancara  dengan  guru  IPS  di 
SDN  Bintoro  01  dapat  diperoleh  rumusan  masalah  yaitu  :  1).  bagaimana  proses 
penerapan  model  pembelajaran  kooperatif  teknik  Jigsaw  dapat  meningkatkan 
aktivitas dan hasil belajar pada pelajaran IPS kelas V di SDN Bintoro 01 Jember ? 2). 
bagaimana aktivitas belajar siswa dapat meningkat dari rendah menjadi tinggi setelah 
diterapkan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw di SDN Bintoro 01 Jember ? 
3).  bagaimana  hasil  belajar  siswa  dapat  meningkat  sampai  memenuhi  kriteria 
ketuntasan  minimal setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw 
di SDN Bintoro 01 Jember ? 
Tujuan  dilakukannya  penelitian  ini  adalah  :  1).  Penerapan  model  kooperatif 
teknik  Jigsaw  dalam  rangka  meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa  pada 
pelajaran IPS kelas V di SDN Bintoro 01 Jember. 2). meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model kooperatif teknik Jigsaw, pada pelajaran IPS kelas V 
di  SDN  Bintoro  01  Jember.  3).  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  sampai  memenuhi 
kriteria ketuntasan minimal melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik 
Jigsaw, pada pelajaran IPS kelas V di SDN Bintoro 01 Jember. 
Model  pembelajaran  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  model 
pembelajaran  kooperatif  teknik  Jigsaw.  Penelitian  ini  menggunakan  desain  model 
Hopkins    dengan  melalui  empat  tahap  yaitu  perencanaan,  tindakan,  observasi,  dan 
refleksi.  Data-data  dalam  penelitian  diperoleh  dengan  menggunakan  metode 
observasi,  wawancara,  test,  dan  dokumentasi.  Penelitian  ini  dilakukan  dalam  dua 
siklus dan peneliti dibantu oleh 3 orang observer. 
Hasil  yang  diperoleh  dalam  penelitian  ini  menunjukkan  adanya  peningkatan 
aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa  dibandingkan  pembelajaran  sebelumnya.  Hasil 
observasi  untuk  mengetahui  aktivitas  belajar  siswa,  diketahui  pada  ketercapaian 
indikator  Visual  Activities  pada  siklus  I  sebesar  84,5  pada  siklus  II  88,1.  Pada  Oral 
Activities  siklus  I  sebesar  63,0  pada  siklus  II  65,5.  Pada  Listening  Activities  siklus  I 
sebesar  69,0  pada  siklus  II  76,2.  Pada  Writing  Activities  siklus  I  sebesar  65,5  pada 
siklus  II  70,2.  Pada  Mental  Activities  siklus  I  sebesar  66,7  pada  siklus  II  80,9. 
Sedangkan persentase pada hasil belajar diketahui bahwa siswa yang tergolong dalam 
kategori tuntas pada siklus I sebesar 67,9% sedangkan pada siklus II mencapai 82,1% 
dengan  demikian  kategori  hasil  belajar  siswa  yang  tergolong  tuntas  mengalami 
peningkatan sebesar 14,2%. 
Kesimpulan  dari  hasil  penelitian  ini  adalah  penggunaan  model  pembelajaran 
kooperatif teknik Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V 
pada  mata  pelajaran  IPS materi pokok peninggalan sejarah Hindu-Budha dan Islam 
di SDN Bintoro 01 Kecamatan Patrang kabupaten Jember.
