• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN BINTORO 01 JEMBER MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Diah Kurnia Yulianti_001.pdf (83.99Kb)
    Date
    2013-10-23
    Author
    DIAH KURNIA YULIANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS Di SDN Bintoro 01 Jember Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw. Diah Kurnia Yulianti; NIM 080210204311; 2011; 64 Halaman; Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi S1 Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeritas Jember. Mata pelajaran IPS merupakan perpaduan konsep-konsep ilmu sosial, ini menyebabkan penyampaian dan penerimaan siswa dalam pembelajaran mengalami kendala-kendala, hal ini disebabkan karena sebagian besar dari guru lebih sering menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan kurang menggunakan model pembelajaran yang lain yang lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi pelajaran di sekolah. Guru masih beranggapan bahwa pembelajaran IPS hanya bersifat hafalan, sehingga hanya cukup dengan membaca, menulis, menerangkan, dan mengerjakan soal. SD Negeri Bintoro 01 merupakan salah satu lembaga pendidikan tingkat dasar yang terletak di Kecamatan Patrang Kabupaten Jember yang masih mengunakan metode ceramah. Berdasarkan hasil obsevasi dan wawancara dengan guru IPS di SDN Bintoro 01 dapat diperoleh rumusan masalah yaitu : 1). bagaimana proses penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pelajaran IPS kelas V di SDN Bintoro 01 Jember ? 2). bagaimana aktivitas belajar siswa dapat meningkat dari rendah menjadi tinggi setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw di SDN Bintoro 01 Jember ? 3). bagaimana hasil belajar siswa dapat meningkat sampai memenuhi kriteria ketuntasan minimal setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw di SDN Bintoro 01 Jember ? Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah : 1). Penerapan model kooperatif teknik Jigsaw dalam rangka meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS kelas V di SDN Bintoro 01 Jember. 2). meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model kooperatif teknik Jigsaw, pada pelajaran IPS kelas V di SDN Bintoro 01 Jember. 3). meningkatkan hasil belajar siswa sampai memenuhi kriteria ketuntasan minimal melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw, pada pelajaran IPS kelas V di SDN Bintoro 01 Jember. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw. Penelitian ini menggunakan desain model Hopkins dengan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data-data dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, test, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan peneliti dibantu oleh 3 orang observer. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Hasil observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, diketahui pada ketercapaian indikator Visual Activities pada siklus I sebesar 84,5 pada siklus II 88,1. Pada Oral Activities siklus I sebesar 63,0 pada siklus II 65,5. Pada Listening Activities siklus I sebesar 69,0 pada siklus II 76,2. Pada Writing Activities siklus I sebesar 65,5 pada siklus II 70,2. Pada Mental Activities siklus I sebesar 66,7 pada siklus II 80,9. Sedangkan persentase pada hasil belajar diketahui bahwa siswa yang tergolong dalam kategori tuntas pada siklus I sebesar 67,9% sedangkan pada siklus II mencapai 82,1% dengan demikian kategori hasil belajar siswa yang tergolong tuntas mengalami peningkatan sebesar 14,2%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS materi pokok peninggalan sejarah Hindu-Budha dan Islam di SDN Bintoro 01 Kecamatan Patrang kabupaten Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1388
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository