Show simple item record

dc.contributor.authorYova Agustian Prahara Ema Putra
dc.date.accessioned2014-01-07T02:21:30Z
dc.date.available2014-01-07T02:21:30Z
dc.date.issued2014-01-07
dc.identifier.nimNIM080210102037
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13784
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengkaji pengaruh model Quantum Learning dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII di SMPN 7 Jember. (2) Untuk mengkaji pengaruh model Quantum Learning dengan metode eksperimen terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII di SMPN 7 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian yang ditentukan dengan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilakukan dilaksanakan di SMP Negeri 7 Jember dengan responden penelitian kelas VIII-E dan VIII-F. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan randomized post-test only control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Independent-Sample T test dengan SPSS 16 (Statistic Package for Sosial Science) untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, sedangkan untuk rumusan masalah yang kedua menggunakan persentase aktivitas siswa. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa hasil pengujian dengan menggunakan Independent-Sample T test dengan SPSS 16 (Statistic Package for Sosial Science) atau pada nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,839 atau > 0,05. Nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen adalah sebesar 54,46, sedangkan nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol adalah sebesar 54,85. Perbedaan tersebut dikarenakan pada kelas eksperimen diterapkan Model Quantum Learning dengan Metode Eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol diterapkan Model Konvensional. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan tidak ada pengaruh hasil belajar siswa antara menggunakan Model Quantum Learning dengan Metode Eksperimen dengan Model Konvensional karena Sig. (2-tailed) > 0,05 maka hipotesis nihil (H0) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh (dampak) pada hasil belajar fisika antara siswa yang diajar dengan menggunakan Model Quantum Learning dengan Metode Eksperimen dengan siswa yang tidak diajar menggunakan model Quantum Learning pada pembelajaran fisika di SMPN 7 Jember kelas VIII. Hasil persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal maka persentase aktivitas siswa mencapai 63,74%. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan Model Quantum Learning dengan Metode Eksperimen tergolong aktif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102037;
dc.subjectQuantum Learning, Metode Eksperimen, Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titleMODEL QUANTUM LEARNING DENGAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS VIII SMPN 7 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record