PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA SMP NEGERI 1 WONOSARI
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian
sudah ditetapkan di kelas VIII A SMP 1 Negeri Wonosari tahun ajaran 2012/2013
yang dimulai tanggal 16 Oktober 2012 sampai 20 November 2012. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi,
wawancara, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas
siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan
siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa.
Data hasil analisis memperlihatkan bahwa prosentase aktivitas siswa
secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu masingmasing
71.84% dan 85.82%. Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus I
diperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 82.76%, siswa yang tuntas belajar secara
individu sebanyak 24 siswa dan yang tidak tuntas secara individu sebanyak 5
siswa. Sedangkan analisis hasil belajar pada siklus II diperoleh ketuntasan hasil
belajar sebesar 93.1%, siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 27
siswa dan yang tidak tuntas secara individu sebanyak 2 siswa.
Berdasarkan pada hasil dan analisis data yang ditunjukkan pada siklus I
dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa pembelajar menggunakan model
Cooperative Learning Tipe student teams achievement division (STAD) dengan
performance assessment dalam pembelajaran IPA fisika SMP Negeri 1 Wonosari
dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa
kelas VIII A SMP Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2012/2013.