• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA SMP NEGERI 1 WONOSARI

    Thumbnail
    View/Open
    Suhdi_1.pdf (89.80Kb)
    Date
    2014-01-07
    Author
    SUHDI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas VIII A SMP 1 Negeri Wonosari tahun ajaran 2012/2013 yang dimulai tanggal 16 Oktober 2012 sampai 20 November 2012. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Data hasil analisis memperlihatkan bahwa prosentase aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu masingmasing 71.84% dan 85.82%. Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 82.76%, siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 24 siswa dan yang tidak tuntas secara individu sebanyak 5 siswa. Sedangkan analisis hasil belajar pada siklus II diperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 93.1%, siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 27 siswa dan yang tidak tuntas secara individu sebanyak 2 siswa. Berdasarkan pada hasil dan analisis data yang ditunjukkan pada siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa pembelajar menggunakan model Cooperative Learning Tipe student teams achievement division (STAD) dengan performance assessment dalam pembelajaran IPA fisika SMP Negeri 1 Wonosari dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2012/2013.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13777
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository