Show simple item record

dc.contributor.authorYunita Christianti
dc.date.accessioned2013-12-30T02:08:31Z
dc.date.available2013-12-30T02:08:31Z
dc.date.issued2013-12-30
dc.identifier.nimNIM080210101004
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13748
dc.description.abstractBerdasarkan data sekunder dari Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Departemen Pendidikan Nasional, dapat dilihat daya serap masing-masing materi matematika yang diujikan pada ujian nasional diukur dari tingkat sekolah, rayon, propinsi dan nasional, serta persentase penguasaan materi. Hal tersebut juga terjadi di sekolah-sekolah SMA/MA baik negeri maupun swasta di kabupaten Jember, terutama Jember bagian utara dan timur. Penguasaan materi yang < 60% di wilayah Jember bagian utara dan timur yaitu menentukan integral tak tentu fungsi trigonometri dan menghitung nilai perbandingan trigono sudut antar garis & bidang pada bangun ruang. Sebagai contoh, persentase penguasaan pada materi menentukan integral tak tentu fungsi trigonometri di SMA 10 Nopember Kalisat pada soal paket A sebesar 20%, sedangkan di SMA Negeri Kalisat pada soal paket B sebesar 12,73%. Persentase penguasaan pada materi menghitung nilai perbandingan trigono sudut antar garis & bidang pada bangun ruang di SMA 10 Nopember Kalisat pada soal paket A sebesar 10%, sedangkan di SMA Negeri 5 Jember pada soal paket B sebesar 34,09%. Dari uraian di atas, maka disusun penelitian dengan judul “Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Penguasaan Materi Dalam Ujian Nasional Matematika SMA/MA Program IPA Tahun Ajaran 2009/2010 di Kabupaten Jember Bagian Utara dan Timur” dengan rumusan permasalahan: faktor apa saja yang menjadi penyebab rendahnya penguasaan materi ujian nasional matematika SMA/MA program IPA tahun ajaran 2009/2010 di kabupaten Jember bagian utara dan timur.   ix  Ujian nasional adalah kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi peserta didik, pada beberapa mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi, dalam rangka menilai pencapaian Standar Nasional Pendidikan (BSNP, 2007:7). Ujian nasional merupakan penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh pemerintah, sehingga memiliki ketentuan yang diatur dalam Permendiknas nomor 20 tahun 2007. Hasil ujian nasional yang berupa analisis statistik maupun analisis daya serap materi pelajaran digunakan sebagai alat untuk menilai dan memperbaiki sistem maupun kebijakan pendidikan, mengidentifikasikan faktor-faktor yang menentukan keberhasilan suatu kebijakan, serta sebagai umpan balik bagi pengelola pendidikan di berbagai tingkatan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Pada penelitian ini, banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya penguasaan siswa pada materi menghitung nilai perbandingan trigono sudut antar garis & bidang pada bangun ruang dan menentukan integral tak tentu fungsi trigonometri. Faktorfaktor tersebut dapat berasal dari dalam maupun luar diri siswa, metode mengajar guru, bahkan ketersediaan sarana dan prasarana sekolah. Berdasarkan hasil observasi di 8 sekolah yang diteliti, diperoleh beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya penguasaan siswa pada materi menghitung nilai perbandingan trigono sudut antar garis & bidang pada bangun ruang dan menentukan integral tak tentu fungsi trigonometri. Faktor tersebut meliputi: a) dalam proses pembelajaran, sebagian besar guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, b) minat belajar siswa terhadap matematika masih kurang, c) dalam mendapatkan konsep–konsep, struktur–struktur, dan prinsip–prinsip pada materi yang diajarkan, siswa hanya mendengarkan dari penjelasan guru, d) sebagian besar guru lulus sertifikasi pada tahun 2010 hingga 2012, namun ada beberapa guru juga yang tidak lulus sertifikasi, e) sebagian besar guru masih belum paham dengan baik tentang teori-teori belajar, f) meskipun beberapa sekolah dilengkapi dengan alat atau sumber belajar lainnya, namun masih jarang guru yang menggunakan fasilitas tersebut sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar.  en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210101004;
dc.subjectPenyebab Rendahnya Penguasaan Materien_US
dc.titleIdentifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Penguasaan Materi Dalam Ujian Nasional Matematika SMA/MA Program IPA Tahun Ajaran 2009/2010 Di Kabupaten Jember Bagian Utara dan Timuren_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record